Pengertian Komunikasi, Unsur-Unsur dan Proses Komunikasi
Manusia hidup dalam dunia komunikasi. Setiap hari dan setiap saat manusia melakukan aktifitas komunikasi antarpribadi, berbicara dengan anggota keluarga, tetangga, dan rekan sejawat . Dengan demikian Hakekat Komunikasiadalah kegiatan yang dilakukan manusia untuk menyampaikan isi pesannya kepada manusia lain untuk mencapai tujuan tertentu. Melalui artikel ini diharapkan dapat mengetahui dan mampu memahami definisi dan pengertian komunikasi, Mengetahui dan memahami unsur-unsur komunikasi dan proses komunikasi.
Hakikat Komunikasi
1. Usaha
2. Penyampaian Pesan
3. Antarmanusia
Hakikat Komunikasi
![]() |
image source: coloniallife.com |
Mendefinisikan Komunikasi
Sedangkan, dalam kata benda (noun), communication,berarti :
Definisi Berdasarkan Tingkat Keberhasilan dan Diterimanya Pesan
Unsur-unsur Komunikasi
1. Pengirim Pesan: Komunikator
2. Penerima Pesan: Komunikan
Pesan
Saluran Komunikasi dan Media Komunikasi
A. Media Massa
B. Bukan Media Massa
Sekian artikel tentang Pengertian Komunikasi, Unsur-Unsur dan Proses Komunikasi. Semoga bermanfaat.
Daftar Pustaka
- Untuk bertukar pikiran-pikiran, perasaan-perasaan, dan informasi;
- Untuk menjadikan paham (tahu);
- Untuk membuat sama; dan
- Untuk mempunyai sebuah hubungan yang simpatik.
Sedangkan, dalam kata benda (noun), communication,berarti :
- Pertukaran simbol, pesan-pesan yang sama, dan informasi;
- Proses pertukaran diantara individu-individu melalui sistem simbol-simbol yang sama;
- Seni untuk mengekspresikan gagasan-gagasan; dan
- Ilmu pengetahuan tentang pengiriman informasi.
- Komunikasi dilihat dari Tingkat Observasi atau Derajat Keabstrakannya
- Komunikasi bersifat umum: menyatakan bahwa komunikasi adalah proses yang menghubungkan satu bagian dengan bagian lainnya dalam kehidupan. Dalam hal ini, komunikasi adalah gejala yang umum ada dalam kehidupan, tidak ada kehidupan manusia yang lepas dari proses komunikasi; dan
- Komunikasi yang bersifat terlalu khusus: menyatakan bahwa komunikasi adalah alat untuk tujuan-tujuan dan bidang-bidang khusus, seperti untuk mengirimkan pesan militer, perintah, dan sebagainya melalui telepon, telegraf, radio, kurir, dan sebagainya.
- Komunikasi dengan Tingkat Kesengajaan
Definisi Berdasarkan Tingkat Keberhasilan dan Diterimanya Pesan
Unsur-unsur Komunikasi
- Pengiriman pesan;
- Pesan; serta
- Target penerimaan pesan.
1. Pengirim Pesan: Komunikator
2. Penerima Pesan: Komunikan
- Antara satu orang dan satu orang, misalnya penulis dengan kekasih penulis;
- Antara satu orang dan banyak orang, misalnya penulis dengan mahasiswa penulis;
- Antara satu orang dan massa, misalnya penulis sebagai penulis opini dikoran, penulis sebagai komunikator massa yang menyampaikan pesan melalui media massa;
- Antara banyak orang dan satu orang, misalnya sekelompok warga desa yang melakukan demonstrasi terhadap lurahnya atau menyampaikan tuntutan kepada kepala desanya;
- Antara banyak orang dan banyak orang, misalnya sekelompok mahasiswa dengan kelompok lainnya;
- Antara banyak orang dan massa, misalnya sekelompok polisi mencanangkan pesan anti-terorisme, menyampaikan pesan melalui TV sebagai media massa elektronik;
- Antara massa dan satu orang, misalnya khalayak pembaca media massa mempertanyakan pernyataan seorang tokoh dimedia massa;
- Antara massa dan banyak orang, misalnya khalayak pembaca media massa mempertanyakan sikap sekelompok polisi yang katanya anti-terorisme tadi;dan
- Antara massa dan massa, misalnya sebagaian khalayak massa pembaca Tempo yang setuju atau suatu pemberitaan, sementara sebagian khalayak lainnya tidak setuju atas pemuatan berita dimajalah itu.
Saluran Komunikasi dan Media Komunikasi
A. Media Massa
B. Bukan Media Massa
- Media Manusia: manusia sebagai penyampai pesan karena pesan tidak bisa dilakukan secara tatap muka sehingga dikirimlah manusia sebagai media penyampai pesan, misalnya kurir pembawa pesan;dan
- Media benda: yang dapat dibedakan atas yang elektronik (telepon, faksmile) dan yang nonelektronik (surat). Perkembangan teknologi komunikasi terkini, yakni teknologi komputer dengan internetnya, melahirkan media yang bersifat multimedia. Dikatakan multimedia karena hamper seluruh bentuk media komunikasi yang telah dikenal umat manusia menyatu dalam perangkat elektronik digitalnya. Di internet kita dapat menemukan surat elektronik, i-phone (telepon internet), surat kabar/majalah elektronik, radio internet, TV internet, bahkan kegiatan tatap muka melalui internet (video conference).
- Efek Komunikasi
- Pengaruh kognitif, yaitu bahwa dengan komunikasi, seseorang menjadi tahu tentang sesuatu. Berarti, komunikasi berfungsi untuk memberikan informasi;
- Pengaruh afektif, yaitu bahwa dengan pesan yang disampaikan terjadi perubahan perasaan dan sikap. Misalnya, karena suatu pidato yang bersifat persuasive, tercipta sikap untuk melakukan sesuatu atau sikap setuju tidak setuju terhadap sesuatu; dan
- Pengaruh konatif, yaitu pengaruh yang berupa tingkah laku dan tindakan. Karena menerima pesan dari komunikator atau penyampai pesan, komunikan bisa bertindak untuk melakukan sesuatu. Misalnya, karena baru mendengar khotbah dimasjid yang mengobarkan kebencian terhadap agama lain, umat Islam dimasjid tersebut beramai-ramai menuju gereja dan membakarnya.
Sekian artikel tentang Pengertian Komunikasi, Unsur-Unsur dan Proses Komunikasi. Semoga bermanfaat.
Daftar Pustaka
- Mulyana, Deddy, Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar,Bandung, Rosda karya, 2009
- Wiryanto. Pengantar Ilmu Komunikasi,