Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keuntungan dan Kelebihan Penggunaan Basis Data (Database)

Modul MakalahKeuntungan dan Kelebihan Penggunaan Basis Data (Database) - Dibandingkan dengan sistem yang berbasis kertas, DBMS memiliki 4 keunggulan yaitu :
  • Kepraktisan : Sistem yang berbasis kertas akan menggunakan kertas yang sangat banyak untuk menyimpan informasi, sedangkan DBMS menggunakan media penyimpanan sekunder yang berukuran kecil tetapi padat informasi.
  • Kecepatan : Mesin dapat mengambil atau mengubah data jauh lebih cepat daripada manusia.
  • Mengurangi kejemuan : orang cenderung menjadi bosan kalau melakukan tindakan-tindakan berulang yang menggunakan tangan (misalnya harus mengganti suatu informasi).
  • Kekinian : Informasi yang tersedia pada DBMS akan bersifat mutakhir dan akurat setiap saat.

Secara lebih detail, keuntungan basis data terhadap sistem pemrosesan berkas adalah dalam hal :
  • Mengurangi redudansi data
  • Integritas data
  • Indepensi data
  • Konsitensi data
  • Berbagi data
  • Sekuritas data
  • Penggunaan data lebih mudah

Keuntungan dan Kelebihan Penggunaan Basis Data (Database)_
image source: www.babastudio.com
baca juga: Pengertian Basis Data (Database) dan Syaratnya Menurut Ahli

Kebanyakan DBMS menyediakan mekanisme pengaturan sekuritas terhadap basis data berdasarkan wewenang pengguna. Sebagai contoh, Si A hanya boleh membaca suatu data, tetapi si B boleh mengubahnya. Sekuritas data sangat penting pada basis data, yaitu untuk menghindari pengaksesan data sensitif oleh orang yang tidak berhak.

Di dalam lingkungan basis data, data lebih mudah digunakan. Pada beberapa DBMS tersedia fasilitas query yang memudahkan pengguna untuk memperoleh informasi. Pengguna yang tidak memiliki kemampuan pemrograman pun dengan mudah bisa menggunakan fasilitas query tersebut. Bagi pemogram aplikasi, pembuatan program aplikasi juga dapat dilakukan dengan mudah, jauh lebih mudah dibandingkan dengan kalau menggunakan bahasa-bahasa konvensional seperti COBOL dan FORTRAN. Alhasil, keadaan ini dapat meningkatkan produktivitas pemrogram.

Komponen DBMS

Komponen-komponen utama DBMS dapat dibagi:
  • Perangkat keras
  • Data
  • Perangkat lunak 
  • Pengguna

Perangkat keras
Perangkat keras berupa komputer dan bagian-bagain di dalamnya, sepeti prosessor, memori dan hard disk. Komponen inilah yang melakukan pemrossesan dan juga untuk menyimpan basis data.

Data
Data di dalam basis data mempunyai sifat terpadu (integrated) dan berbagi (Shared).

a. Terpadu berarti bahwa berkas-berkas data yang ada pada basis data saling terkait, tetapi kemubaziran data tidak akan terjadi atau hanya terjadi sedikit sekali. Sebagai contoh, berkas PEGAWAI terdiri atas nama, alamat, divisi dan gaji pegawai, serta atribut-atribut lainnya sedangkan berkas PELATIHAN menyatakan kursus dan pelatihan yang diikuti oleh para pegawai. Pada saat mencatat pelatihan yang diikuti oleh seseorang, tentu saja data seperti divisi tempat pegawai bekerja tidak perlu disertakan, karena informasi mengenai hal ini bisa diperoleh dari tabel PEGAWAI. Dengan demikian, kemubaziran dapat dihindari.

b. Berbagi Data, berbagi data berarti bahwa data dapat dipakai oleh sejumlah pengguna. Lebih tegas lagi sesuatu data dapat diakses oleh sejumlah pengguna dalam waktu bersamaan. Sifat ini biasa terdapat pada sistem multiuser (kebalikan dari sistem yaitu sistem single-user, yakni sistem yang hanya memungkin satu orang yang bisa mengakses suatu data pada suatu waktu).

Perangkat Lunak
Perangkat lunak, dalam hal ini DBMS, berkedudukan antara basis data (data yang disimpan dalan hard disk) dan pengguna. Perangkat lunak inilah yang berperan melayani permintaan-permintaan pengguna

Pengguna (User)
Pengguna dapat diklasifikasikan menjadi tiga kategori :
  • Pengguna akhir,
  • Pemrogram aplikasi 
  • Administrator basis data

Pemrogram aplikasi adalah orang yang membuat program aplikasi yang menggunakan basis data. Program aplikasi yang dibuat tentu saja sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Pengguna akhir dapat dibagi menjadi 2 macam :
  • Pengguna aplikasi, dan
  • Pengguna interaktif

Pengguna palikasi adalah orang yang mengoperasikan program aplikasi yang dibuat oleh pemrogram aplikasi.

Pengguna interkatif adalah orang yang dapat memberikan perintah-perintah beraras tinggi pada antarmuka basis data yang tersedia (misalnya dengan menggunakan perintah SELECT, INSERT dan sebagainya) atau melakukan perintah-perintah melalui antarmuka berbasis menu.

Administrator basis data (DBA/database Administrator) adalah orang yang bertanggung jawab terhadap pengelolaan basis data. Secara lebih detail, tugas DBA adalah sebagai berikut :
  • Mendefiniskan basis data
  • DBA menentukan struktur basis data
  • Menentukan sekuritas basis data

Gambar 1.2 DBMS

File dan Media Penyimpanan

Ingatkah anda pada ilustrasi tentang bank Pahala yang telah merekam sesuatu ke dalam disket. Sesuatu tadi, yang disebut dengan data, yang asalnya dari data sekunder (misalnya berupa bukti pembelian mobil dari dealer yang asalnya berbentuk kertas faktur pembelian) jika sudah berada dalam disket atau telah direkam ke dalam media penyimpanan akan disebut sebagai File. Dengan kata lain, file adalah data yang telah disimpan dalam media penyimpanan.

Contoh file yang berfungsi sebagai data (disebut: juga data file) dari sebuah sistem basis data misalnya file-file yang berekstensi .dbf, .mdb (File-file berekstensi .txt misalnya, amat sulit untuk bisa menjadi data file, namun dengan perkembangan komputer yang semakin maju, file-file berekstensi .doc atau .xls misalnya, bisa menjadi data file juga).

Sekian artikel tentang Keuntungan dan Kelebihan Penggunaan Basis Data (Database).

Daftar Pustaka
  1. Connoly, T., & Begg, c. (2010). database system; a practical approach to design, implementation and management (5th ed.). Harlow :Addison wesley 
  2. Indrajani. (2011). Perancangan Basis Data Dalam All In 1, ISBN 978-979-27-9980-4, Jakarta: Elex Media Computindo 
  3. Indrajani. (2011). Bedah Kilat 1 Jam – Pengantar dan Sistem Basis Data, ISBN 978-979-27-9695-7, Jakarta: Elex Media Computindo 
  4. O'Brien, J. (2003). Introduction To Information Systems (11th ed.). New York: Mc Graw Hill 
Nikita Dini
Nikita Dini Blogger, Internet Marketer, Web Designer

Posting Komentar untuk "Keuntungan dan Kelebihan Penggunaan Basis Data (Database)"