Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Filsafat Menurut Ahli Secara Etimologi & Terminologi

Modul Makalah - Pengertian Filsafat Menurut Para Ahli Secara Etimologi dan Terminologi - Masalah-masalah kefilsafatan tidak tetap dan masalah-masalah tersebut akan ditemukan jawabannya tetapi dari jawaban tersebut akan selalu muncul pertanyaan baru bahkan hal tersebut kita tidak akan tingalkan hingga mendapatkan pemecahan dan pasti akan selalu muncul pertanyaan baru lagi dari jawaban tersebut. Itulah yang terjadi di dalam filsafat.

Pengertian Filsafat Menurut Ahli Secara Etimologi & Terminologi_
image source: www.phylosophy.com
baca juga: Peran & Keahlian yang Harus Dimiliki Manajer dalam Manajemen

Apa itu filsafat? Memulai dengan pertanyaan tersebut sesungguhnya sudah menunjukkan bahwa kita sedang berfilsafat. Pada dasarnya setiap manusia adalah seorang filsuf by nature. Bahkan mulai kanak-kanak sesungguhnya sudah banyak muncul pertanyaan-pertanyaan filsafat dalam dirinya. Bagi anak kecil sebagaimana seorang filsuf sesungguhnya segala sesuatu yang ada dalam hidup ini adalah sebuah pertanyaan, sebuah teka-teki, sebuah persoalan, sesuatu yang perlu dipahami. Berdasarkan hal tersebut jelaslah bahwa sesungguhnya hakikat dari filsafat adalah bertanya terus menerus. Filsafat adalah sikap bertanya itu sendiri.

Secara etimologis filsafat diambil dari perkataan Yunani: Philos (Suka,cinta) dan Sophia (kebijaksanaan). Jadi kata itu berarti Cinta kepada kebijaksanaan. Filsafat dapat diartikan sebagai suatu dorongan terus menerus, suatu dambaan untuk mengejar kebijaksanaan, Jelas jugalah bahwa filsafat adalah sebuah upaya, sebuah proses, sebuah pencarian, sebuah perburuan, sebuah quest. Cinta dalam Philosophia tidak dipahami sebagai kata benda yang statis, yang given melainkan sebagai sebuah kata kerja, sebuah proses.

Di samping pengertian filsafat dari Etimologisnya ada juga beberapa definisi dari filsafat yang tentu saja ini hanyalah beberapa definisi saja dari berbagai definisi yang ada.

  • Filsafat adalah sekumpulan sikap dan kepercayaan terhadap kehidupan dan alam yang biasanya diterima secara tidak kritis.
  • Definisi tersebut merupakan arti informal dari filsafat atau kata “mempunyai filsafat” misalnya filsafat saya adalah hal ini menunjukkan sikap yang informal dari apa yang akan dibicarakan.
  • Filsafat adalah suatu proses kritik atau pemikiran terhadap kepercayaan dan sikap yang sangat dijunjung tinggi.
  • Arti secara formal yaitu memiliki dan melakukan. Memiliki sesuatu filsafat berarti seharusnya diikuti dengan implikasi melakukan (dalam arti kritik dan refleksif). Suatu sikap filsafati yang benar adalah sikap kritis dan mencari, terbuka,toleran, mau melihat dari segala sudut persoalan tanpa prasangka. Berfilsafat tidak hanya berarti membaca dan mengetahui filsafat saja tetapi memerlukan ketrampilan berargumentasi.
  • Filsafat adalah usaha untuk mendapatkan gambaran keseluruhan.
  • Filsafat berusaha mengkombinasikan hasil bermacam-macam pengetahuan dan pengalaman kemanusiaan sehingga menjadi pandangan yang konsisten tentang sesuatu.
  • Filsafat adalah analisa logis dari bahasa serta penjelasan tentang arti kata dan konsep
  • Merupakan fungsi dari filsafat bahkan bagi beberapa aliran/kelompok ahli filsafat tertentu ini adalah tugas pokok filsafat. Filsafat dipandang sebagai bidang khusus yang membantu ilmu pengetahuan serta menjelaskan bahasa dan bukan suatu bidang yang luas yang memikirkan segala pengalaman kehidupan.
  • Filsafat adalah sekumpulan problema yang langsung mendapat perhatian dari manusia dan yang dicarikan jawabannya oleh ahli-ahli filsafat.
  • Filsafat mendorong penyelidikannya sampai kepada soal-soal yang paling mendalam dari eksistensi manusia.Usaha untuk mendapatkan jawaban tersebut memunculkan teori/sistem/aliran pemikiran seperti misalnya idealisme, realisme, pragmatisme, dll Filsafat dapat juga berarti bermacam-macam teori dan sistem pemikiran yang dikembangkan oleh para filosof besar.


Sekian artikel Modul Makalah tentang Pengertian Filsafat Menurut Para Ahli Secara Etimologi dan Terminologi

Posting Komentar untuk "Pengertian Filsafat Menurut Ahli Secara Etimologi & Terminologi"