Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis Tingkatan Manajer dan Tugasnya dalam Organisasi

Modul Makalah - Jenis Tingkatan Manajer dan Tugasnya dalam Organisasi - Istilah “manajer” melekat pada seseorang yang diberi tanggungjawab atas bawahan dan sumber dayanya lainnya dalam organisasi. Banyak jenis manajer dengan tugas dan tanggungjawab yang berbeda-beda. Manajer dapat dibedakan dari dua sudut pandang yaitu dari sudut tingkatannya dan sudut fungsi/ kegiatan organisasi

1. Tingkatan Manajer

Manajer dapat dibedakan menurut tingkatan meraka dalam organisasi. Walaupun organisasi besar biasanya memiliki beberapa tingkat manajemen (levels of managenet), pandangan yang paling umum menyebutkan tiga tingkat yang mendasar yaitu manajer lini pertama (first line manager) / manajer tingkat pertama (first level manager), manajer menengah atau manajer madya (middle manager), manajer puncak (top manager) direktur utama (chief executive officer).

Jenis Tingkatan Manajer dan Tugasnya dalam Organisasi_
image source: news.okezone.com
baca juga: Tugas dan Fungsi Manajer dalam Organisasi Menurut Ahli

Manajer garis pertama/lini pertama (first line manager). Tingkatan yang paling rendah dalam suatu organissi, dimana seorang bertanggungjawab atas pekerjaan orang lain, mengawasi dan mengkoordinasikan aktivitas pekerja/karyawan. Manajer lini hanya membawahi pekerjaan operasional, mereka tidak membawahi manajer lain. Jabatan yang biasa disandang oleh manajer lini adalah mandor, penyelia,/ pengawas suatu kantor/pabrik, supervisor.

Manajer menengah/madya (midle manager). Manajer menengah atau madya merupakan kelompok manajer yang paling banyak dalam sebagian besar organisasi. Manajer menengah mengarahkan kegiatan manajer lain dan kadang –kadang juga mengarahkan pekerja/karyawan langsung. Manajer menengah bertanggungjawab untuk mengimplementasikan kebijakan dan rencana yang dikembangkan oleh manajer puncak serta untuk mengevaluasi dan mengkoordinaikan aktivitas-aktivita dari manajer tingkat pertama.

Manajer puncak (top manager). Manajer puncak merupakan kelompok relatif kecil, manajer puncak bertanggungjawab atas manajemen keseluruhan dari organisai. Manajer puncak menciptakan tujuan organisasi, strategi keseluruhan, kebijakan operasional dan membimbing hubungan organisasi dengan lingkungannya.. Mereka juga secara resmi mewakili orgainsasi ke luar dengan menemui pejabat pemerintah, eksekutif perusahaan lain, dan pihak lain.

2.Pengelompokan yang lain tergantung pada lingkup kegiatan yang dikelolanya

Manajer fungsional bertanggungjawab pada satu kegiatan yang ada pada organisasi seperti manajer keuangan , personalia/ sumber daya manusia operasional, pemasaran, administrasi.. Untuk lebih jelasnya dapat diperhatikan pada gambar berikut ini.



Gambar 2: Jenis manajer berdasarkan tingkat dan bidang._

Organisasi biasanya memiliki tiga tingkat yaitu manajer puncak, manajer manangah, manajer lini. Terlepas dari tingkatan , manajer juga terkait dengan bidang tertentu dalam organisasi seperti pemasaran, keuangan, operasional, sumberdaya manusia, adminstrasi dan lainnya

tags:

Sekian artikel Modul Makalah tentang Jenis Tingkatan Manajer dan Tugasnya dalam Organisasi

Daftar Pustaka:
  • Amirullah, haris Budiyono, 2004. Pengantar Manajemen; Graha Ilmu, Yogyakarta 
  • Buchari Zainun, Organisasi Dan Manajemen, Balai Aksara
  • Griffin, Alih bahasa Gina Gania MBA, 2002, Manajemn Jilid I; Erlangga, Jakarta
  • John R Schermerhorn Jr, 1998, Manajemen, Jilid I dan II, Edisi Bahasa Indonesia, Andi, Yogyakarta
  • Manullang, 1971, Dasar-Dasar Manajemen, CV Amanlaham, Medan
  • P Siagian Sondang, 1999, Teori dan Praktek kepemimpinan; Rineka cipta, Jakarta
  • Robert J Mockler, 1972, Management Control Proces, Prentice Hall, Engelwood Cliffs
  • Robins and Coulter, 1996, management 5” ed Prentice Hall, Inc
  • Stoner James AF, Alihbahasa Gunawan Hutauruk MBA, 1986, Manajemn Jilid I; Erlangga, Jakarta 
  • Stoner James F, Freeman, Edward R and Gilbert, Daniel R, 1995, Management 6” ed, Prentice Hall, Inc,
  • Sutarto, 1978, Dasar-Dasar Organisasi; Gadjah Mada Press, Yogyakarta
  • T Hani Handoko. 1986, Manajemen, BPFE, Yogyakarta

Posting Komentar untuk "Jenis Tingkatan Manajer dan Tugasnya dalam Organisasi"