Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sejarah Singkat Perkembangan Database Menurut Para Ahli

Sejarah Singkat Perkembangan Database Menurut Para Ahli - Pada saat ini berbagai macam sistem aplikasi mengakses jutaan data dalam berbagai bentuk format data. Sistem Aplikasi Rumah Sakit mencari data yang digunakan baik itu mencari data pasien ataupun dokter. Aplikasi Penerbangan menggunakan ribuan data untuk mengatur penerbangan dan penumpangnya. Sistem Perbankan juga menggunakan data untuk mencari data transaksi pelanggan. Saat ini berbagai situs internet menggunakan Search Engine yang digunakan untuk keperluan pencarian data dalam internet. Perusahaan besar dan kecil menggunakan database untuk mengontrol inventory, keuangan, mengatur sumber daya manusia dan kebutuhan analisa yang lain.

Peranan Database tidak saja mempunyai peranan yang penting dalam sistem arsitek komputer tapi juga sebagai salah satu pendorong kekuatan ekonomi Amerika Serikat dengan sumbangan pajak kurang lebih delapan juta dollar Amerika . Perusahan-perusahaan Amerika Serikat seperti Microsoft Inc, Oracle Corporation, Informix Corporation, Sybase Incooperated, Teradata Corporation mendominasi pasar database di dunia. Penggunaan database tidak saja digunakan perusahaan namun juga meliputi institusi pendidikan, militer , pemerintah ataupun kombinasi dari berbagai institusi tersebut.

Sejarah Singkat Perkembangan Database Menurut Para Ahli_
image source: www.dirkstrauss.com
baca juga: Beberapa Query (Perintah) Dasar Pada Database SQL

Kebanyakan dari relational database tersebut tidak terlepas dari penemuan model yang diketemukan pada tahun 1960 – an dan 1970 – an. Perlu digaris bawahi pengembangan database tidak terlepas daripada pengaruh pemerintah ( Amerika Serikat ) dalam hal meningkatkan teknologi. Sebagai contoh walaupun pengembangan teknologi database dilakukan oleh perusahaan IBM, namun atas prakasa pemerintah Amerika Serikat melalui Universitas California di Berkeley ( UC – Berkeley ) untuk menyebarluaskan ide teknologi database dan memberikan hak intelektual secara baik komersial maupun akademik.

SEJARAH DATABASE

Pemerintah Amerika Serikat selalu melakukan pengumpulan, meng-urutkan, dan membuat laporan dari jumlah data yang besar. Pada tahun 1890, Departemen Sensus Penduduk Amerika menganjurkan majikan karyawan, Herman Hollerith, untuk membuat system peralatan proses informasi secara otomatis. Sebagai hasilnya, mesin kartu ( Punch Card ) digunakan untuk sensus pada tahun 1890 dan 1900. Pada tahun 1911, perusahaan Hollerith bergabung dengan perusahaan lain, dan juga didukung oleh Departemen Sensus Penduduk untuk membuat sebuah perusahaan baru yang kita kenal dengan nama International Business Machines ( Anderson, 1988 ), sekarang dengan nama IBM.

Selama perang dunia 1, pemerintah Amerika Serikat menggunakan kartu ( Punch – Card ) untuk melakukan proses berbagai data yang digunakan untuk produksi, mengumpulkan pajak, dan klasifikasi wajib militer. Pada tahun 1935, Departemen Perlindungan Sosial ( Social Security Act ), menggunakan Kartu ( Punch Card ) untuk penempatan tenaga kerja dari 26 juta karyawan. Ini adalah pekerjaan administrasi terbesar di dunia, IBM membantu membuatkan mesin khusus untuk pengumpulan data tersebut. Departement Sensus Penduduk akhirnya membeli model pertama dari komputer digital pertama di pasar komersial, dengan nama UNIVAC 1. Pada tahun 1959, Pentagon sendiri mempunyai 200 komputer untuk kebutuhan bisnis seperti audit biaya, audit peralatan, audit karyawan ) dengan biaya pemeliharaan kurang lebih 70 juta dollar Amerika Serikat per tahun. Pada saat itu Amerika didominasi oleh kartu punch untuk pemrosesan data. Berawal dari kebutuhan pemerintah dan akhirnya banyak perusahaan – perusahaan menggunakannya.

Pada awal tahun 1960 –an, muncul keinginan untuk memindahkan tugas piranti keras dari tugas – tugas programmer. Istilah “database” muncul untuk menangkap pengertian bahwa informasi disimpan di dalam komputer dapat berupa konsepsual, terstruktur, dan dapat dimanipulasi secara mandiri tanpa interfensi piranti keras. Pada saat itu, kebanyakan pembuatan aplikasi database dibuat untuk keperluan lingkungan militer dan mata – mata ( intelligence ), tetapi konsep tersebut dengan cepat diadopsi pada pada pengguna komersial ( System Development Corporation, 1964; Fry dan Sibley, 1974 ).

Pada saat komputer memasuki pasar komersial, sejumlah teknik muncul untuk memfasilitasi akses data, memastikan kualitas, memelihara privasi, dan bahkan menyediakan untuk kontrol data.

Pada tahun 1960, Konferensi System Bahasa Data ( Data Systems Languages – Codasyl ), yang diadakan oleh Departemen Pertahanan dan Keamanan Amerika Serikat membahas tentang standar aplikasi piranti lunak, membangun bahasa Common Business – Oriented Language ( COBOL ) untuk programming ( ACM Sigplan, 1978 ), dan menggabungkan bahasa pendefinisian data ( Fry dan Sibley, 1974 ). Magnetic disk drive yang dapat mengakses data secara random, mulai digantikan dengan magnetic tape drives, yang membutuhkan akses data yang berurutan, untuk online storage. Pada tahun 1961, Charles Bachman dari perusahaan General Electric memperkenalkan system Integrated Data Store ( IDS ) , yang merupakan pelopor system management database yang memanfaatkan teknologi penyimpanan ( storage ) terbaru ,meliputi novel schemas dan logging, dan kemampuan yang lain.

Pada awal tahun, trend inovasi teknologi praktis dilaksanakan / di buat oleh user group dan peneliti dari industri terkait, dengan pengaruh sedikit dari akademi ( CSTB, 1982; Wiederhold, 1984 ). Pada pertengahan tahun 1960, Bachman dan yang lainnya, kebanyakan dari perusahaan dan pabrik, membuat Database Task Group ( DBTG ) dibawah Codasyl untuk menyatukan persamaan pendapat dari berbagai bidang . Group tersebut mengumumkan beberapa set spesifikasi untuk bahasa komputer, COBOL terutama sekali, yang mengatur database. Pada Tahun 1971, hal tersebut diumumkan sebagai standar umum, yang digunakan bahasa umum untuk berbagai industri dengan pendekatan Codasyl untuk managament database. Beberapa Codasyl berdasarkan produk diperkenalkan untuk komputer besar ( mainframe ) oleh Eckerct – Mauchly Computer Corporation ( pembuat UNIVAC), Honeywell Incorporated, dan Siemens AG, dan, untuk komputer sedang ( minicomputers ), dilakukan oleh Digital Equipment Coporation ( DEC ) dan Prime Computer Corporation.

Secara praktis pemasok produk yang tidak ikut adalah IBM, yang pada awal ( Pada Tahun 1968 ) memperkenalkan produknya sendiri, IMS, yang diambil dari bagian National Aeronautics and Space Administration ( NASA ) – Appolo Project. Dapat dijalankan pada mesin S/360. Sebaliknya Codasyl berdasarkan model jaringan data sedangkan IBM database menggunakan struktur hirarki. Baik produk IBM maupun Codasyl, kadang – kadang disebut dengan nama navigasi database karena produk membutuhkan pengguna untuk membuat program atau menggunakan data set.

Pada akhirnya ada seorang ilmuwan dari IBM yang kurang puas dengan produk Codasyl ataupun produk paket database dari IBM. Edgar F. ( Ted) Codd, seorang matematikawan, yang bergabung dengan IBM pada tahun 1949 dan pada akhirnya pindah ke IBM San Jose. Codd mendapatkan teknologi database yang sekarang ataupun yang baru harusnya dapat menggunakan satu perintah dan tidak perlu menggunakan beberapa perintah.

Pada seri laporan teknikal IBM, pada makalah “ A Relational Model of Data for Large Shared Data Banks,” Codd menunjukkan pendekatan baru untuk mengatur dan akses data. Apa yang dimaksud Codd adalah model relational yang menunjukkan 2 kata kunci :

“ Yang mendukung pendefinisian data dengan hanya struktur biasa tanpa menambahkan tambahan struktur untuk mewakili representasi dari mesin. Menurutnya, sesuatu yang mendukung basis data tingkat tinggi yang menghasilkan secara maksimal antara program pada satu pihak dan mewakili mesin di satu pihak. ( Codd, 1970 ).”

Dengan kata lain, model relasi mengandung
  1. data yang berdiri sendiri dari perangkat keras dan implementasi penyimpanan ( storage );
  2. Navigasi secara otomatis pada tingkat tinggi, tanpa bahasa prosedur untuk mengakses data. Malahan proses satu record dalam satu waktu, programmer dapat menggunakan satu bahasa yang dapat mengakses keseluruhan data. 

Model Codd mempunyai pengaruh yang luar biasa pada penelitian yang ada, banyak menelurkan beberapa prototype projek. Model Relasi Codd mendapat sambutan hangat di dalam masyarakat luas.

1. SYSTEM R

Pada awal tahun 1970, sejumlah programmer dari IBM pindah dari Yorktown ke San Jose. Group ini mendesain dan membangun prototype system untuk mendemonstrasikan ide – ide dari relational database. Dengan System R, prototype ini bertujuan untuk mendukung mutu yang tinggi, tanpa navigasi, data yang independen untuk di akses oleh secara terus – menerus, dengan integritas yang baik dan kuat ( Astrahan et al, 1976 ). Fase dari Projek pertama, sekitar tahun 1974 – 1975, menghasilkan prototype yang cepat untuk didemonstrasikan apa yang telah dikerjakan, tetapi pembahasan source code ditinggalkan. Fase berikutnya menghasilkan fungsi secara penuh, versi multi pengguna, yang digunakan untuk mengevaluasi percobaan – percobaan berikutnya pada tahun 1978 – 1979. Boleh jadi pembuatan yang dihasilkan dari projek tersebut adalah Structure Query Language ( SQL ), sekarang menjadi standar akses database di Amerika maupun dunia internasional.

System R tidak mendapat menyakinkan managemen IBM untuk meninggalkan produk sekarang dan beralih ke relational database. IBM dan pelanggannya masih berkeyakinan untuk menggunakan teknologi IMS. Memerlukan usaha dari yan dibiayai pemerintah untuk membuktikan bahwa relational database dapat menjadi produk yang dapat diperdagangkan.

2. INGRES

Pada tahun 1973, tentang kapan System R mulai di pakai di IBM, 2 orang ilmuwan dari Universitas California ( UC – Berkeley ). Michael Stonebraker dan Eugene Wong, menjadi tertarik untuk melakukan penelitian pada relational database. Awalnya, mereka mengumpulkan dana untuk mendisain system data grafikal untuk group ekonomi Berkeley ( nama Ingres digunakan untuk mewakili sistem grafik interaktif dan pencarian data ). Untuk mendapat dukungan lebih jauh, Stonebraker melakukan pendekatan pada Advanced Reseach Projects Agency ( DARPA ), yang sebelumnya merupakan sumber dana untuk penelitian dan pembangunan system komputer. Baik DARPA maupun Office of Naval Reseach ( ONR ) tidak mendukung Ingres, namun mereka telah mendukung penelitian database di tempat lain.

Stonebraker lalu memperkenalkan idenya ke perusahaan lain, dan atas pertolongan Wong dan teman dari Berkeley, Lotfi Zadeh, yang mendapat dukungan dari NSF dan 3 wakil dari militer ( Air Force Office of Scientific Research, the Army Research Office, dan Navy Electronic Systems Command ). Pengalaman dari pencarian dana yang baik untuk Ingres adalah pembelajaran dalam membuat proposal dan pengirimannya.

Setelah mendapat dana, Ingres dibangun, sekitar pertengahan 1970 an, prototype system relation database dibuat yang mempunyai kesamaan dengan System R ( IBM ) tetapi mempunyai perbedaan pada perangkat keras dan system operasi. Ingres mempunyai persamaan evolusi dengan Sistem R, pada fase pertama demonstrasi solusi pada tahun 1974 kemudian diikuti oleh beberapa revisi untuk membuat pemeliharaan kode lebih baik. Ingres kemudian disebarkanpada komunitas kecil pengguna, baik di dalam maupun di luar akademik, yang memberi input balik pada group pembuat. Proses penyebaran selanjutnya dengan menggunakan mesin DEC di universitas. Anggota dari team projek menulis ulang prototype Ingres secara berulang dalam tahun itu dengan menggabungkan beberapa pengalaman, pendpat balik dari pengguna, dan ide – ide baru. Ingres juga mempunyai bahasa sendiri, QUEL, yang mempunyai kesamaan, dan mempunyai perbedaan dari produk IBM SQL ( Stonebraker, 1976, 1980 ).

Teknologi Ingres menyebar ke sektor komersial melalui 3 saluran utama yaitu kode, individu, dan pulikasi. Berbeda dengan projek IBM, Ingres source code tersedia di masyarakat umum, kurang lebih 1000 salinan telah didistribusikan ke seluruh dunia jadi ilmuwan komputer dan programmer dapat mempunyai pengalaman dengan system dan dapat dimodifikasi seusai dengan kebutuhan. Michael Stonebraker mendirikan Ingres Corporation ( dibeli oleh Computer Associates pada tahun 1994 ) untuk memperdagangkan kode Berkeley secara langsung. Robert Epstein, kepala programer dari Ingres pada tahun 1970, pindah ke Britton- Lee Incorporated dan akhirnya Sybase. Baik Britton-Lee atau Sybase menggunakan ide dan pengalaman dari pemikiran orisinil Ingres, dan beberapa agen pemerintah merupakan pelanggan dari kedua perusahaan tersebut. Computer Associates mengeluarkan versi produk Ingres pada tahun 1980.

Mengikuti pergerakan ilmuwan Ingress melalui komunitas database yang menyebarkan teknologi lebih jauh. Jerry Held dan Carol Youseffi pindah dari UC-Berkeley ke Tandem Computer Incorporated, di mana mereka membuat system relational, yang merupakan awal dari NonStop SQL. Sampai bergabungnya Kleiner, Perkins, Caufield & Byers pada tahun 1988. Held adalah senior vice president teknikal di Oracle, di mana dia memimpin perjuangan perusahaan database tersebut. Paula Hawthorn pindah dari Ingres ke Britton Lee ( sama seperti Michael Ubell ) dan akhirnya menjadi pendiri dari Illustra Information Technology Incorporated, sekarang merupakan bagian dari Informix. Stonebraker sendiri bekerja untuk Ingres Corporation, Illustra dan Informix. Alumni Ingres yang lain pindah ke AT&T, Hewlett-Packard Company ( HP ), IBM dan Oracle, membawa semua pelajaran dari Ingres.

Kesuksesan dari SQL selalu menimbulkan kecemburuan di tubuh IBM, yang dapat mengambil teknologi bahasa SQL pada tahun berikutnya dan ini terjadi. Oracle yang didirikan oleh Larry Ellison (1977) membuat dan mula menjual produk SQL yang kompatibel sebelum IBM menjual produk SQL ke pasar. Ellison belajar dari penjualan SQL melalui publikasi yang dilakukan projek team System R. IBM memaksakan untuk membuat system SQL / DS di bawah ancaman produk kompetitif dari perusahaan database yang ada, seperti Software AG, perusahaan Jerman. Dan perusahan yang belum berpengalaman seperti Informix dan Ingres, yang juga memperkenalkan system relational.

Teknologi System R dan Ingres bukan satu satunya usaha relational database dari buah hasil kerja Cood. Penelitian lain di Universitas Toronto, IBM di Inggriss, Universitas Utah dan Universitas Wiconsin mempunyai kontribusi juga. Menjadi sebuah kenyataan bahwa model relational mempunyai limitasi, terutama pada data yang kompleks. Pada tahun 1982, projek Ingres berakhir dan pada tahun 1985 dirubah menjadi Postgress di Universita California – Berkeley, yang merupakan perpanjangan dari penambahan objek relation model. Perubahan ini bertepatan dengan DARPA yang merekrut program manager untuk database pertama kali, yang membiayai Postgres. Projek ini menjadi bagian dari usaha untuk perpustakaan digital dan penelitian database.

Tahun yang menonjol untuk model relational ada tahun 1980, ketika produk SQL/DS dari IBM memukul pasar untuk mainframe, pemasok kecil mulai menjual generasi kedua system relational dengan pemasaran yang sukses, dan Codd mendapat penghargaan dari Assocation for Computing Machinery’s ( ACM ) . Sistem Relational memasuki jamannya.

Pemerintah Amerikas Serikat mempunyai peranan yang penting dalam perkembangan relational database. Pada awalnya pemerintah mempunyai misi untuk membuat pasar baru untuk teknologi dengan memberikan insentif pada inovasi produk. Kebutuhan Departemen Sensus Penduduk pada proses pengumpulan informasi akhirnya menghasilkan otomisasi dari sebuah komputer. Keterlibatan dunia academic juga mempunyai peranan yang besar dalam menyumbangkan atau memperbaharui kemajuan dari teknologi database.Pada akhirnya perkembangan database juga tidak luput dari perusahaan database yang bersaing satu dengan yang lain untuk mendapatkan pangsa pasarnya. Oracle database, sampai saat ini tetap memimpin teknologi database.

SEJARAH SINGKAT PERUSAHAAN ORACLE

Tahun
Keterangan
1964
Charles Bachman dari General Electric mengajukan model jaringan dengan record data dihubungkan secara bersama – sama,
1965
North American Aviation’s Space Division dan IBM membuat pendekatan kedua berdasarkan model hirarki. Dalam hal ini, data ditampilkan dalam bentuk tree ( pohon ),
1969
Produk IBM berdasarkan model hirarki dipasarkan dengan nama Information Managemetn System ( IMS )
1970
Untuk pertama kali konsep relational database dijabarkan oleh Dr. Edgar F. Codd melalui artikel penelitian IBM publikasi yang berjudul “System R4 Relational.”
1979
Relational Software, Incorporated ( RSI ) didirikan dan me-release Oracle V.2 sebagai relasional database pertama.
1985
Oracle menyatakan 1000 relasional database di pakai pelanggannya.
1983
Relational Software Incorporated dirubah namanya menjadi Oracle Corporation.
1985
Oracle mengumumkan bahwa databasenya dapat berjalan lebih dari 30 platform.
1986
Oracle support model Client / Sever
1988
Oracle memasuki pasa ERP  ( Enterprise Resources Planning ) – Oracle Financial
1989
Oracle database versi 6 diluncurkan. Untuk pertama kalinya PL / SQL diperkenalkan. 
1993
Oracle database versi 7.0.
1997
Oracle pertama kali mendukung object pada database yang dikenal dengan nama Object Relational Database Management System ) – Oracle 8
1999
Oralce memasuki model internet. Salah satu kemampuan yang besar adalah mendukung java pada oracle database.
2000
Perusahaan Oracle tidak mendukung database management system saja tetapi pembangunan semua lini aplikasi. Application Server dapat dijalankan di arsitektur 3 tier client / server
2001
Oracle 9iDB Direlease.
2003
Oracle Grid diperkenalkan.


Sekian artikel tentang Sejarah Singkat Perkembangan Database Menurut Para Ahli.

Daftar Pustaka
  • Alan Denis, Barbara Haley Wixon, David Tagerden, System Analys and Design : an Object – Oriented Approach with UML 2.0, John Willey and Sons, 2005
  • Henry C. Lucas Jr., The Analysis, Design and Implementation of Information Systems 4th, McGraw Hill, 1992 
  • Satzinger, Jackson, Burd, Object-Oriented Analysis and Design with the Unified Process, Course Technology, 2005
  • Simon Bennet, Steve McRobb and Ray Farmer, Object-Oriented System Analysis and Design Using UML, McGraw Hill, 2006
  • Wendy and Michael Boggs, UML with Rational Rose 2002, Sibex Inc., 2002
Nikita Dini
Nikita Dini Blogger, Internet Marketer, Web Designer

Posting Komentar untuk "Sejarah Singkat Perkembangan Database Menurut Para Ahli"