Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis-Jenis Media Transmisi Local Area Network (LAN)

Jenis-Jenis Media Transmisi Local Area Network (LAN)Media transmisi adalah media yang menghubungkan antara pengirim dan penerima informasi (data), karena jarak yang jauh, maka data terlebih dahulu diubah menjadi kode/isyarat, dan isyarat inilah yang akan dimanipulasi dengan berbagai macam cara untuk diubah kembali menjadi data. Media transmisi digunakan pada beberapa peralatan elektronika untuk menghubungkan antara pengirim dan penerima supaya dapat melakukan pertukaran data. Beberapa alat elektronika, seperti telepon, komputer, televisi, dan radio membutuhkan media transmisi untuk dapat menerima data. Seperti pada pesawat telepon, media transmisi yang digunakan untuk menghubungkan dua buah telepon adalah kabel. Setiap peralatan elektronika memiliki media transmisi yang berbeda-beda dalam pengiriman datanya.

Jenis media transmisi ada dua, yaitu Guided dan Unguided. Guided transmission media atau media transmisi terpandu merupakan jaringan yang menggunakan sistem kabel. Unguided transmission media atau media transmisi tidak terpandu merupakan jaringan yang menggunakan sistem gelombang.
Jenis-Jenis Media Transmisi Local Area Network (LAN)_
image source: industries.ul.com
Jenis Media Transmisi pada LAN
  1. Coaxial Cable
  2. Shielded & Unshielded Twisted Pair 
  3. Fiber Optic Cable 
  4. Wireless

1. Coaxial Cable

Kabel ini sering digunakan sebagai kabel antena TV, dan disebut juga sebagai kabel BNC (Bayonet Naur Connector). Kabel ini merupakan kabel yang paling banyak digunakan pada LAN, karena memiliki perlindungan terhadap derau yang lebih tinggi, murah. dan mampu mengirimkan data dengan kecepatan standar. Ada 2 jenis yaitu RG-58 (10Base2) dan RG-8 (10Base5 ). Jenis kabel ini memiliki internal resistan 50 Ω (termasuk terminatornya). Ada 3 jenis konektor pada kabel Coaxial, yaitu T konektor, I konektor (socket) dan BNC konektor.

Jenis-Jenis Media Transmisi Local Area Network (LAN) 2_
Kabel UTP dan konektor RJ-45 
Jenis-Jenis Media Transmisi Local Area Network (LAN) 3_
Kabel STP
2. STP & UTP Cable

Kabel ini terdiri dari 4 pasang kabel yang dipilin (twisted pair), instalasinya mudah, harganya relatif murah dan cukup handal. Kabel STP memiliki kabel pelindung untuk menghindari derau dan perlindungan terhadap cuaca udara di luar gedung. Ada 2 jenis kabel pilin ini yaitu 10BaseT (Cat-5 UTP) dan 100BaseTX (STP).

Jenis-Jenis Media Transmisi Local Area Network (LAN) 4_
Jenis-Jenis Media Transmisi Local Area Network (LAN) 5_

Ada beberapa kategori untuk kabel Twisted Pair, yaitu :

1. Kategori 1 (Cat-1)
Umumnya menggunakan konduktor padat standar AWG sebanyak 22 atau 24 pin dengan range impedansi yang lebar. Digunakan pada koneksi telepon dan tidak direkomendasikan untuk transmisi data.

2. Kategori 2 (Cat-2)
Range impedansi yang lebar, sering digunakan pada sistem PBX dan sis-tem Alarm. Transmisi data ISDN menggunakan kabel kategori 2, dengan bandwidth maksimum 1 MBps.

3. Kategori 3 (Cat-3)
Sering disebut kabel voice grade, menggunakan konduktor padat seba-nyak 22 atau 24 pin dengan impedansi 100 Ω dan berfungsi hingga 16 MBps. Dapat digunakan untuk jaringan 10BaseT dan Token Ring dengan bandwidth 4 Mbps.

4. Kategori 4 (Cat-4)
Seperti kategori 3 dengan bandwidth 20 MBps, diterapkan pada jaringan Token Ring dengan bandwidth 16 Mbps.

5. Kategori 5 (Cat-5)
Merupakan kabel Twisted Pair terbaik (data grade) dengan bandwidth 100 Mbps dan jangkauan transmisi maksimum 100 m.

  • Ada 2 jenis sambungan pada segmen kabel Twisted Pair (UTP atau STP), yaitu Straight Through Cable dan Cross Over Cable. Straight Through Cable adalah segmen kabel Twisted Pair yang digunakan untuk menghubungkan NIC pada CPU dengan Active Hub atau perangkat penunjang lainnya (Repeater, Bridge, Router), sedangkan Cross Over Cable adalah segmen kabel Twisted Pair yang digunakan untuk menghubungkan 2 buah PC untuk pola jaringan Peer To Peer. 
Jenis-Jenis Media Transmisi Local Area Network (LAN) 6_
Segmen Kabel UTP dengan konektor RJ-45untuk kabel standar (straight through)

Urutan fungsi nomor pin pada kabel Ethernet standar.
Signal PIN PIN Signal
Tx+ 1 1 Tx+
Tx- 2 2 Tx-
Rx+ 3 3 Rx+
- 4 4 -
- 5 5 -
Rx- 6 6 Rx-
- 7 7 -
- 8 8 -

Jenis-Jenis Media Transmisi Local Area Network (LAN) 7_
Koneksi antara Workstation dengan Concentrator pada Jaringan EtherNet dengan menggunakan kabel UTP
Jenis-Jenis Media Transmisi Local Area Network (LAN) 8_
Kabel UTP dengan ko-nektor RJ-45, untuk kabel Crossover (untuk jaringan peer to peer)
Urutan fungsi nomor pin pada kabel Ethernet standar
SignalPINPINSignal
Tx+11Rx+
Tx-22Rx-
Rx+33Tx+
-44-
-55-
Rx-66Tx-
-77-
-88-


3. FIBER OPTIC Cable

Kabel serat optik ini menggu-nakan cahaya sebagai sinyal data, memiliki kecepatan transmisi data yang sangat tinggi disbandingkan jenis kabel lainnya, serta bebas dari gangguan derau. Sangat han-dal tetapi harganya mahal sekali disbandingkan jenis kabel lainnya. Ada 2 jenis kabel serat optik ini yaitu 100BaseFX dan 1000BaseLX.

Data yang ditransmisikan me-lalui fiber optik berbentuk si-nyal cahaya, sehingga untuk melindungi cahaya agar tidak terpendar kemana-mana, fiber optik disusun menjadi tiga bagian, yaitu:

Jenis-Jenis Media Transmisi Local Area Network (LAN) 9_
Kabel Serat Optik


Nikita Dini
Nikita Dini Blogger, Internet Marketer, Web Designer

1 komentar untuk "Jenis-Jenis Media Transmisi Local Area Network (LAN)"