Pengertian dan Contoh Sumber Daya Komputasi dan Komunikasi - Modul Makalah

Tempatnya Berbagi Modul dan Makalah Pendidikan

Pengertian dan Contoh Sumber Daya Komputasi dan Komunikasi

Baca juga: Pengertian dan Contoh Sumber Daya Komputasi dan Komunikasi

Pengertian dan Contoh Sumber Daya Komputasi dan Komunikasi - Artikel ini membahas mengenai sumber daya-sumber daya komputasi yang ada dan komunikasi yang digunakan saat ini. Output yang dihasilkan mampu mengidentifikasi sumber daya komputasi dan komunikasi, dan menjelaskan perbedaan dan keutamaannya.

Rincian materi yang disajikan adalah ;
  • Piranti Keras
  • Alat-alat Komputasi Pribadi 
  • Piranti Lunak
  • Komunikasi
  • Jenis-jenis Jaringan
  • Konvergensi Komputasi dan Komunikasi

Tujuan Pembelajaran
  1. Mengenal seperti apa piranti keras atau apa saja yang termasuk kedalamnya. .
  2. Mengenal alat-alat komputasi yang digunakan secara pribadi. 
  3. Mengenal seperti apa piranti lunak dan perbedaanya dengan piranti keras. 
  4. Mengetahui apa yang digunakan sebagai alat komunikasi saat ini. 
  5. Mengerti jenis-jenis dari jaringan yang lahir untuk membantu dalam komputasi dan komunikasi. 
  6. Mengerti seperti apa bentuk dari konvergensi antar komputasi dan komunikasi. 
Pengertian dan Contoh Sumber Daya Komputasi dan Komunikasi_
image source: qimrberghofer.edu.au
baca juga: Pengguna dan Pengembang Sistem Informasi Organisasi Bisnis

Piranti Keras

Prosesor

Menurut McLeod, Prosesur yang biasa disebut dengan unit pemroses pusat atau central processing unit (CPU) adalah tempat pemrosesan data dilakukan. Intel, Advanced Micro Devices (AMD), Cyrix, Motorola, dan perusahaan-perusahaan lainnya memproduksi prosesor mikro yang terdapatbdi banyak komputer mikro populer.

Kecepatan prosesor diukur oleh jumlah siklus yang terjadi per detik, dan angka ini telah berkembang dengan sangat cepat selama beberapa tahun sejak IBM memperkenalkan komputer mikronya yang pertama. Kecepatan pada awalnya dinyatakan dalam megaherzt (MHz), yang berarti juta siklus per detik. Setiap siklus adalah suatu peluang dilakukannya aksi, seperti menambahkan dua angka.

Prosesor-prosesor pertama disebut mesin “8-bit”, karena data sebesar 8 bit akan membentuk ukuran dari satu “word”. Bit adalah nilai tunggal yang terdiri atas nol atau satu. Word adalah ukuran dari berapa banyak bit yang dapat digerakkan de ngan satu siklus komputer. Delapan bit akan membentuk satu bit (byte), dan setiap bit dapat menyimpan satu karakter.

Ukuran word adalah hal yang penting, ia menentukan berapa banyak karakter, seperti “A” yang disebut di atas, dapat dipindahkan dalam satu siklus prosesor. Komputer mikro yang pertama memiliki ukuran word sebesar 8-bit, tetpi kebnyakan komputer mikro saat ini menggunakan word 32-bit. Tetapi, chip-chip yang kompatibel dengan 64-bit (seperti Pentium Extreme Edition Intel) semakin populer dan tak berapa lama lagi akan mewakili mayoritas penjualan-penjualan baru.

Kekuatan komputer dipengaruhi oleh ukuran word dan kecepatan prosesor. Juga perbaikan dalam sirkuit prosesor akan memungkinkan operasi (seperti penambahan, perbandinganWord sistem informasi dikembangkan untuk mendukung keseluruhan organis asi, eksekutif, dan area bisnis. Sistem iformasi dikembangkan untuk memenu nilai-nilai data, dan lain-lain) dikerjakan dalam siklus yang lebih sedikit. Bagi banyak orang, pertumbuhan kekuatan komputer adalah hal yang sulit untuk dimengerti. Terdapat dua contoh yang membantu saudara memahami bagaimana peningkatan kekuatan komputer telah mempengaruhi dan akan terus mempengaruhi kehidupan saudara.

Memori

Pada dasarnya data disimpan di sebuah komputer dalam dua cara yaitu memori dan penyimpanan. Memori, yang disebut juga ruang penyimpanan primer atau random access memory (RAM), mengacu pada area penyimpanan yang terdapat pada papan sirkuit komputer. Memori adalah barang yang rentan karena isinya akan hilang ketika daya komputerdimatikan. Karakteristik ini mencerminkan fakta bahwa nilai bit akan dapat diubah secepat yang bisa dilakukan oleh siklus prosesor.

Ruang Penyimpanan

Ruang penyimpanan untuk komputer muncul dalam banyak bentuk media yang berbeda, yang masing-masing memiliki karakteristik yang berbeda yang menjadikannya lebih sesuai untuk tugas-tugas tertentu. Ruang penyimpanan dapat berbentuk tetap atau dapat dilepas. Ruang peyimpanan tetap (fixed storage) adalah ruang penyimpanan yang terpasang secar permanen di dalam komputer. Media penyimpananyang dapat dilepas (removebale storage) biasanya berbentuk sebuah pita, disk, flash disk, CD, dll.

Ruang penyimapnan tetap komputer mikro sering kali disertai dengan ruang peyimpanan tetap sebesar 80 GB, namun harddrive dapat sebesar 500 GB. Mainframe memiliki ruang peyimpanan dalam besaran terabyte dan bahkan mungkin petabyte ribuan kali peyimpanan yang tersedia di sebuah komputer mikro.

Ruang penyimpanan yang dapat dilepas dari satu komputer dan dipasang kembali ke komputer lain. Terdapat tiga jenis media berkapasitas tnggi yang layak mendapat perhatian : flash driver USB, c -pertumbuhan hi kebutuhan informasi umum para manajer perusahaan, dimana sistem infromasi eksekutif dirancompact disc (CD), dan digital versatile disc (DVD).

Alat-alat Input (Input Devices)

Komputer tidak akan banyak berguna tanpa alat-alat input dan output. Operasi bisnis membutuhkan sejumlah besar alat-alat input dan output, dan dikembangkan alat-alat untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Data yang diterima manusia (human captured data) mengacu pada input yang diisi oleh seseorang yang mengetik pada sebuah keyboard, menekan mouse, menyentuh monitor, berbicara ke mikrofon, atau interaksi lain yang serupa.

Terdapat dua kendala bagi data yang diterima dari manusia. Pertama, lambat, kedua, biasanya tidak dapat mencapai tingkat akurasi yang sangat tinggi seperti data yang diterima dari mesin (machine captured data) data yang diterima oleh suatu alat elektronik atau mekanis.

Kejadian yang signifikan dapat dibaca dengan mesin terjaadi ketika bisnis diharuskan untuk memasang barcode (kode batang) pada setiap ptoduk yang dijual. Kode tersebut terlihat sebagai rangkaian garis-garis vertikal, beberapa garis lebih tebal dan lebih tipis dibandingkan dengan garis-garis yang lain.

Alat-alat Output (Output Devices)

Dua alat ouput yang paling dikenal adalah layar komputer, yang terkadang disebut monior, dan printer. Meskipun konsep “ kantor tanpa kertas” telah mendapat banyak perhatian, hasil output cetakan tetap merupakan fakta dari komputasi.

Multimedia

Evolusi utama alat input dan output adalah menuju ke arah multimedia, penggunaan lebih dari satu media pada saat yang sama. Sebagian besar pengguna komputer dewasa ini tidak akan mendapatkan akses atas sistem informassi berbasis komputer jika tidak tersedia multimedia. Beberapa orang pengguna masih kurang memiliki pengetahuan, berfungsi pada tingkat pengetahuan yang rendah atau memilki cacat fisik.

Alat-alat Komputasi Pribadi

Komputasi pribadi telah lama dihubungkan dengan komputer mikro, bahkan komputer mikro pada awalanya disebut komputer pribadi (personal computer). Komputer mikro saat muncul pertama kali bukan tergabung dalam suatu jaringan; setiap pengguna komputer mikro menggunakan sumber daya ini hanya untuk keperluan komputasi pribadinya saja.

Telepon Selular dengan Pesan dan Video Interaktif

Perusahaan-perusahaan pembuat telepon selular populer (Samsung, Nokia, Ericson, dll) telah membuat telepon yang menampilkan pesan tulisan dan gambar-gambar berukuran kecil di layar tampilannya. Beberapa telepon seluler dapat menyimpan video-video pendek. Telepon selular memilki fitur-fitur lain yang membantu fungsi-fungsi bisnis. Daftar kontak disimpan dalam selular bukan hanya nama dan nomor telepon, tetapi juga email, alamat, dan catatan lainnya. Agenda dan alarm adalah fitur tambahan telepon yang membantu tujuan bisnis.

Telepon Selular Cerdas

Telepon selular dianggap sebagai telepon cerdsa (smart phone) ketika ia menjalankan pekerjaan-pekerjaan yang biasanya dihubungkan dengan komputer mikro. Seperti contohnya Treo 650 dari Palm,Inc , Blackberry, Samsung Galaxy dll.

Jaringan Rumah

Jaringan komputer rumah sama populernya dengan TV kabel dan perusahaan telepon memasarkan modem untuk koneksi internet :broadband”. Perusahaan telepon menjual modem DSL (digital subcriber line) yang mampumembawa akses internet berkecepatan tinggi ke rumah. Terdapat lebih dari satu komputer dalam perusahaan yang memiliki gerbang kecepatan tinggi ke internet melalui modem kabel atau DSL. Masalahnya adalah bagaimana membagi satu koneksi di antara beberapa komputer. Solusinya adalah router nirkabel. Modem akan tersambung ke router, dan router tersambung ke komputer melalui sebuah jaringan nirkabel. Ketika memasang router jaringan nirkanel, maka harus memahami koneksi nirkabel memiliki jarak sekitar 100 meter di dalam sebuah bangunan, karena adanya dinding dan halangan-halangan lainnya.

Keamanan Komputasi Rumah

Tiga aspek ekamanan memiliki arti yang penting bagi komputer mikro yaitu ; update sistem operasi, virus dan spyware. Keamanan bagi sumber daya sebuah organisasi seperti web, basis data, dan jaringan hendaknya menjadi tanggung jawab dari para profesional sistem informasi. Terdapat dua jenis pembaruan (update) yang penting bagi pengguna individu: update untuk sistem operasi dan untuk piranti lunak aplikasi. Meng-update sistem operasi penting artinya bagi keamanan dan efisiensi.

Hacker adalah orang-orang yang mencoba untuk menerobos masuk ke sistem komputer guna mengumpulkan informasi, menolak akses pemilik ke sumber daya komputer miliknya, menghapus file-file, aau mengacau penggunaan komputer mikro oleh para pemiliknya. Virus komputer adalah program-program komputer kecil yang menggandakan diri dengan masuk ke dalam sumber daya komputer seperti program atau file. Worms adalah file atau program yang berdiri sendiri, umumnya dianggap sebagai virus namun perbedaannya adalah worm tidak harus menempelkan dirinya pada suatu program atau file untuk menggandakan diri atau merusaknya. Virus dan worm disebarkan melalui jaringan, sehingga beberapa serangan dapat mengambil alih sebuah komputer dan menyebarkannya melalui email.

Spyware adalah sebuah program komputer kecil yang mengawasi apa yang sedang dikerjakan dengan sumber daya komputer. Beberapa spyware melaporkan aktivits komputer, seperti situs-situs web mana yang telah dikunjungi atau aplikasi komputerapa yang telah digunakan.

Piranti Lunak (Software)

Piranti Lunak Sistem

Piranti lunak sistem (system software) atau yang disebut juga piranti lunak sistem operasi, menjalankan tugas-tugas mendasar yang dibutuhkan oleh seluruh pengguna dari satu komputer tertentu. Sistem operasi mengelola proses-proses komputer, dan berfungsi sebagai suatu antarmuka yang menghubungkan pengguna, piranti lunak aplikasi, dan piranti keras.

Piranti Lunak Aplikasi

Para profesional sistem informasi membuat piranti lunak siap pakai dan piranti lunak aplikasi sesuai pesanan. Piranti lunak aplikasi siap pakai (prewritten application software) atau dikenal juga sebagai piranti lunak off-the self, diproduksi oleh pemasok dan djual kepada pengguna. Piranti lunak siap pakai memiliki dua keuntungan penting;
  • Piranti lunak siap pakai telah langsung tersedia.
  • Piranti lunak siap pakai lebih murah dariada piranti lunak khusus.

Komunikasi

Koneksi Publik

Seseorang yang menggunakan sistem telepon tetap dapat memahami komunikasi bahkan ketika saluran tersebut memiliki suara statis atau suara berdengng, sedangkan komputer membutuhkan koneksi yang sangat dapat diandalkan. Modem telepon menghubungkan sekitar setengah komputer rumah ke internetpada kecepatan 56 Kbps (56.000 bit per detik). Protokol-protokol jaringan layanan digital terintegrasi (Integrated Services Diital Network-ISDN) dan saluran berlangganan digital (Digital Subcriber Line – DSL) menjadi standar untuk mengirimkan data pada kecepatan 1,5 hingga 32 Mbps (32 juta bit per detik) melalui saluran telepon standar.

Modem kabel sebenarnya tersambung ke internet melalui kabel coaxial yang umumnya digunakan untuk mnerima siaran televisi kabel. Modem kabel biasanya mencapai kecepatan 2 Mbps, tetapi kecepatan yang sebenarnya terkadang hanya mampu mencapai 512 Kbps saja.

Saluran Pribadi

Saluran pribadi adalah suatu sirkuit yang selalu terbuka untuk lalu lintas komunikasi, istilah-istilah saluran sewaan (leased line) dan saluran khusus (dedicated line) juga dipergunakan. Saluran pribadi yang ditujukan untuk digunakan disediakan oleh penyedia layanan yang umum, yaitu perusahaan telepon.

Jaringan Pribadi Maya (Virtual Private Maya)

Jaringan pribadi maya adalah jaringan dimana organisasi terhubung dengan jaringan organisasi lain secara pribadi sehingga perlu mengadakan kontrak dengan penyedia layanan internet yang mengggunakan piranti lunak tunneling. Piranti lunak tunneling sebenarnya hanya menciptakan seperangkat lokasi-lokasi perantara peralatan telepon yang akan menyelenggarakan transfer komunikasi data tertentu.

Jenis-jenis Jaringan

Jaringan Area Lokal (Local Area Networks)

Jaringan Area Lokal (LAN) adalah sekolompok komputer dan alat-alat lainnya yang tekoneksin oleh satu media yang sama. Media ini biasanya berupa kabel tembaga, namun dapat berupa nirkabel, seperti serat optik, atau media-media lainnya. LAN biasanya menggabungkankomputer-komputer yang secara fisik berdekatan, seperti berada di ruangan atau gedung yang sama. Hanya komputer dan alat-alat lainnya dalam jumlah terbatas dapat terhuung ke satu LAN.

Jaringan Area Metropolitan dan Jaringan Luas

Jaringan Area Metropolitan (metropolitan area networks) adalah satu jaringan yang memiliki batas jarak fisik sekitar 30 mil. MAN merupakan jaringan yang menghubungkan seluruh suite di dalam satu gedung (seluruh departemen), beberapa gedung dalam satu organisasi. Jariangan Area Luas (wide area networks) digunakan untuk meghubungkan komputer-komputer dan alat-alat lainnya ketika jaraknya melebihi batasan LAN atau MAN.

Internet

Internet memberikan dampak besar pada komunikasi berbasis komputer daripada perkembangan yang lainnya, dan memunculkan aplikasi khusus lainnya seperti intranet dan ekstranet. Intranet adalah jaringan dalam organisasi yang membatasi aksesnya hanya kepada aggota-anggota organisasi yang menggunakan intranet. Ekstranet merupakan jaringan yang memiliki otorisasi hingga di luar batas perusahaan.

Konvergensi Komputasi dan Komunikasi

Alat-alat komputasi dan alat-alat komunikasi kini saling menyertakan fitur-fitur yang dimiliki di antara keduanya. Kemungkinan-kemungkinan dibatasi oleh usia baterai, kecepatan komunikasi, dan keamanan, ukuran tampilan dan keyboard, serta imajinasi pengguna. Voice over Internet Protokol (VoIP) adalah media komunikasi suara melalui internet seperti komunikasi digital. Setiap sinyal suara dapat digitalisasi dan dikirimkan melalui internet dan dimainkan kembali pada pengeras suara di tempat tujuannya.

Sekian artikel tentang Pengertian dan Contoh Sumber Daya Komputasi dan Komunikasi. Semoga bemanfaat.

Daftar Pustaka
  • Jr, Raymond McLeod., George P.Schell, Management Information System, Edisi 10, Pearson, Salemba Empat, 2008.

Artikel Modul Makalah Lainnya :



Copyright © 2017 Modul Makalah