Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sejarah Visual Basic Serta Kelebihan dan Kekurangan Visual Basic

Sejarah Visual Basic Serta Kelebihan dan Kekurangan Visual Basic - Sejarah Visual Basic dimulai dari penemuan BASIC ( Beginner’s All Purpose Symbolic Instruction Code) pada tahun 1964, sebuah bahasa yang mudah dipelajari dan digunakan bagi programmer pemula. Bahasa ini digunakan selama sekitar 15 tahun oleh berbagai macam orang dan perusahaan untuk membuat kompiler dan interpreter untuk bahasa BASIC.

Pada tahun 1975 ketika MS merupakan perusahaan baru, bahasa BASIC adalah merupakan produk mereka yang pertama, dan produk tersebut banyak digemari. Produk sukses mereka QuickBasic (Qbasic) menjadi bahasa yang banyak dipergunakan dalam PC, bahkan sampai saat ini masih ada yang menggunakannya. Perkembangan sistem operasi Windows (Tampilan Graphic) membuat Qbasic sulit untuk menyesuaikan dengan tampilan Windows, perlu usaha tambahan untuk menulis Code dengan lingkungan yang baru. Sehingga MS membuat bahasa yang memungkinkan secara grafis bagi sebuah program adalah Visual Basic 1.0

Sejarah Visual Basic Serta Kelebihan dan Kekurangan Visual Basic_
baca juga: Memahami Visual Basic Net 2010 Secara Lengkap

Visual Basic sangat cepat menjadi populer. Ada banyak fitur yang menjadikan program ini sukses seperti membuat tabel, edit gambar, koneksi pada modem dan banyak lagi fitur lainnya, sehingga para programmer VB membuat aplikasi lebih bertenaga dengan mengkombinasikan berbagai macam komponen dengan Code mereka. Hal ini mendongkrak kemungkinan pengembangan VB dan membantunya menjadi bahasa program yang sangat populer.

Setiap Versi VB selalu ada fitur-fitur baru yang membuatnya menjadi fasilitas handal dalam membuat program. Salah satu perubahan penting adalah bagaimana VB dijalankan. Sebelum versi 5 yang diterbitkan pada tahun 1997, VB adalah bahasa interpreter yang tampilannya tidak sebagus dengan Visual C++, Delphi atau bahasa kompile lain. VB 5 mempunyai kemampuan membuat semacam bahasa interpreter atau kompile, dan performanya lebih baik. Perubahan lain adalah kemampuan membuat komponen. Dalam pemrograman anda sering menemukan bagian dari code, misalnya penghitungan hipotek yang rutin dan biasa dipergunakan diberbagai tempat dan bahkan dibagian-bagian program yang berbeda.

Membagi code dalam suatu program adalah dengan menuliskannya sebagai prosedur, sebuah code yang sekali ditulis tapi bisa dipanggil dimanapun dalam suatu aplikasi, Cara yang lebih baik kumpulan Code-code tersebut dapat disimpan kedalam sebuah file pustaka yang terpisah dalam program dan dapat diubah secara bebas. Program ini biasa disebut sebagai komponen dan dibuat dalam bentuk ekstensi file .dll. Versi-versi baru VB dengan kemampuan membuat komponen-komponen membuat semakin mantap.

Versi 4.0 diluncurkan ( pada tahun 1996 ) adalah versi pertama yang bisa membuat komponen dan sekarang merupakan komponen penting dalam pemrograman. Banyak tambahan fitur baru dalam VB. Tapi semua dibangun pada dasar-dasar yang sudah ada. Kelebihan dari bahasa baru adalah benar-benar terhindar dari kelemahan bahasa program yang lalu. Ini yang dilakukan oleh microsoft pada waktu berpindah dari VB 6 ke VB.Net. Bahasa ini ditulis ulang untuk membuat versi yang benar-benar bersih / handal Ini berarti setiap orang yang sudah berpengalaman pada versi sebelumnya harus belajar kembali tapi hasilnya jauh lebih bagus. Ada beberapa keuntungan dari perubahan ini, yang paling signifikan adalah kebutuhan akan adanya lingkungan baru dari .NET.

Nikita Dini
Nikita Dini Blogger, Internet Marketer, Web Designer

Posting Komentar untuk "Sejarah Visual Basic Serta Kelebihan dan Kekurangan Visual Basic"