Konsep Tujuan Bisnis dan Lingkungan Bisnis Menurut Para Ahli
Artikel ini menjelaskn tentang lingkungan manajemen bisnis. Melalui artikel ini diharapkan mampu menjelaskan lingkungan bisnis serta mampu memberikan contoh lingkungan bisnis.
Dalam kehidupan sehar-hari kita perhatikan jutaan orang melakukan kegiatan bisnis. Mereka ada yang berhasil mengembangkan usaha dan memperbesar nilai bisnisnya yang makin lama makin maju tetapi ada pula yang gagal. Bagi mereka yang berhasil, kegiatan bisnis makin menarik dalam kehidupan mereka. Apa yang dimaksud dengan bisnis sudah banyak diungkapkan oleh berbagai ahli. Melihat pada asal katanya bisnis berasal dari bahasa inggris yang berarti: Perusahaan,Urusan atau Usaha.
Konsep Tujuan Bisnis dan Lingkungan Bisnis Menurut Para Ahli - Pada masa lalu, kegiatan bisnis ini dilakukan pada tingkat keluarga secara tertutup. Keluarga – keluarga pada saat itu menanam tanaman guna memenuhi kebutuhan bahan makanan, membuat pakaian sendiri, membuat rumah sendiri dengan bantuan tetangga dan sebagainya. Kemudian muncul revolusi industry yang membawa perubahan secara drastic dan sangat penting. Adanya mesin uap menikbulkan perubahan pada pertanian menggunakan bajak, dengan tenaga sapi, kerbau, sekarang diganti dengan traktor dan bulldozer yang bertenaga luar biasa. Akhirnya ekonomi bertumbuh pesat dan memberi peluang berkembangnya pabrik-pabrik, perdagangan besar, perdagangan besar, perdagangan eceran dan perusahaan jasa baik perorangan maupun persekutuan dengan menggunakan skill, teknologi dan sistem manajemen yang makin efisien. Semua kebutuhan bisnis ini dipenuhi melalui kegiatan bisnis. Jadi salah satu tujuan utama dari bisnis ialah memenuhi kebutuhan dan keinginan manusia.
Akhirnya terjadilah persaingan antara satu bisnis dengan bisnis lainnya. Persaingan yang sehat akan menimbulkan beberapa keuntungan yaitu:
Dari hasil penjualan barang dan jasa, bisnis memperoleh laba. Hal ini sesuai dengan prinsip ekonomi, yaitu dengan pengorbanan yang minimalmendapat keuntungan yang maksimal. Akan tetapi dinegara kita tidak dibenarkan bisnis mencari keuntungan yang sebesar – besarnya tanpa memperhatikan kepentingan masyarakat. Misalnya bisnis berusaha mengeduk keuntungan dengan cara menimbun barang, sehingga harga naik, baru barangnya dijual. Usaha bisnis dinegara kita harus mempertimbangkan kepentingan masyarakat banyak, tidak boleh untuk kepentingan segelintir orang atau sekelompok orang. Laba ini adalah sangat penting baik bagi bisnis sendiri maupun bagi pemerintah, yaitu:
B. Klasifikasi Bisnis
Ada 9 macam kegiatan bisnis, yaitu:
C. Fungsi dasar bisnis
Ada pandangan yang lebih ekstrim yang menyatakan bahwa bisnis dibagi atas dua bagian, yaitu:
Production yaitu berhubungan dengan mencari bahan mentah dan memproses bahan mentah menjadi hasil. Kemudian marketing yaitu mendistribusikan atau memindahkan barang daru satu tempat ke tempat yang lain yang menimbulkan kegunaan waktu dan pemilikan.
D. Tantangan-tantangan yang dihadapi bisnis
Daftar Pustaka
image source: moretelecom.com.au |
baca juga: Contoh Format Proposal Business Plan (Rencana Usaha) Lengkap
Tujuan lain dari bisnis adalah memeproleh keuntungan , sehingga mereka berani memikul resiko menanam modal dalam kegiatan bisnis. Dan ada pula bisnis yang mengejar keuntungan, sehingga mereka berani memikul resiko menanam modal dalam kegiatan bisnis.
Tujuan lain dari bisnis adalah memeproleh keuntungan , sehingga mereka berani memikul resiko menanam modal dalam kegiatan bisnis. Dan ada pula bisnis yang mengejar keuntungan, sehingga mereka berani memikul resiko menanam modal dalam kegiatan bisnis.
Akhirnya terjadilah persaingan antara satu bisnis dengan bisnis lainnya. Persaingan yang sehat akan menimbulkan beberapa keuntungan yaitu:
- Harga bagi konsumen bis alebih rendah, karena produsen berusah bekerja efisien dan menurunkan harga jual
- Bisnis berusaha meningkatkan pelayanan bagi konsumen
- Bisnis berusaha menciptakan barang baru dan dengan mutu yang baik
- Menghilangkan bisnis yang tidak mampu bekerja secara efisien dan yang memboroskan sumber daya
Dari hasil penjualan barang dan jasa, bisnis memperoleh laba. Hal ini sesuai dengan prinsip ekonomi, yaitu dengan pengorbanan yang minimalmendapat keuntungan yang maksimal. Akan tetapi dinegara kita tidak dibenarkan bisnis mencari keuntungan yang sebesar – besarnya tanpa memperhatikan kepentingan masyarakat. Misalnya bisnis berusaha mengeduk keuntungan dengan cara menimbun barang, sehingga harga naik, baru barangnya dijual. Usaha bisnis dinegara kita harus mempertimbangkan kepentingan masyarakat banyak, tidak boleh untuk kepentingan segelintir orang atau sekelompok orang. Laba ini adalah sangat penting baik bagi bisnis sendiri maupun bagi pemerintah, yaitu:
- Laba menjadi tujuan dari kegiatan bisnis, agar dapat menjaga kelangsungan bisnisnya.
- Laba adalah sebagai insentif atau pendorong untuk bekerja lebih efisien
- Laba yang dicapai merupakan ukuran standar perbandingan dengan bisnis lainnya
- Laba akan mendapatkan penghasilan bagi pemerintaj, karena makin meningkat laba bisnis, maka meningkat pula penghasilan pemerintah melalui sistem perpajakan.
B. Klasifikasi Bisnis
Ada 9 macam kegiatan bisnis, yaitu:
- Usaha pertanian
- Produksi bahan mentah
- Usaha pabrik atau manufaktur
- Usaha konstruksi
- Usaha perdagangan besar dan kecil
- Kegiatan transportasi dan komunikasi
- Usaha finansial, asuransi dan real estate
- Usaha jasa
- Pemerintah
C. Fungsi dasar bisnis
- Acquiring raw materials (Mencari bahan mentah)
- Manufacturing raw materials into product (Merubah bahan mentah menjadi produk)
- Distributing products to consumers (Menyalurkan barang ke tangan konsumen)
Ada pandangan yang lebih ekstrim yang menyatakan bahwa bisnis dibagi atas dua bagian, yaitu:
- Production
- Marketing
Production yaitu berhubungan dengan mencari bahan mentah dan memproses bahan mentah menjadi hasil. Kemudian marketing yaitu mendistribusikan atau memindahkan barang daru satu tempat ke tempat yang lain yang menimbulkan kegunaan waktu dan pemilikan.
D. Tantangan-tantangan yang dihadapi bisnis
- Tantangan produktifitas
- Memperbaharui mesin-mesin dengan mesin modern, canggih agar hasil produksinya tidak ketinggalan zaman dan efisien dalam melakukan produksi
- Kembangkan kegiatan Research and Development. Sediakan dana untuk itu agar bias berkembang desain, mutu dan pasar baru dari produk yang dihasilkan.
- Kembangkan manajemen personalia agar karyawan dapat dimotivasi dalam meningkatkan produksi dan moralnya lebih baik.
- Libatkan karyawan dalam pengambilan keputusan.
- Tantangan kualitas
- Tantangan pasar global
- The Demographic and Cultural Challenge
- The Environmental Challenge
- The Social Responsibility and Ethics Challenge
- The Technology Challenge
Sekian artikel tentang Konsep Tujuan Bisnis dan Lingkungan Bisnis Menurut Para Ahli. Semoga bermanfaat.
- Griffin, Ricky W and Ebert, Ronald J, 2006. Business, 8th edition, Pearson Education Inc, New Jersey
- Madura, Jeff. 2007. Introduction to Business. 4th edition. South-Western College Publishing, USA