Model Bisnis dalam Pemasaran dan Sistem Informasi Pemasaran
Model Bisnis dalam Pemasaran dan Sistem Informasi Pemasaran - Artikel ini akan menjelaskan tentang model bisnis pemasaran dan contoh organisasi. Melalui artikel ini diharapkan mampu memahami dan menjelaskan model-model bisnis dalam pemasaran langsung dan pemasaran secara online.
PEMASARAN LANGSUNG
Apa itu Pemasaran Langsung ?
Apa manfaat-manfaat Pemasaran Langsung ?
Manfaat bagi pembeli :
Manfaat bagi penjual :
Basis Data Pelanggan ( Customer database )
Merupakan kumpulan yang terorganisasi atas data yang menyeluruh tentang pelanggan / calon pelanggan individu, yang meliputi data geografis, demografis psikografis dan perilaku.
Pemasaran berdasarkan Basis Data ( database marketing )
Adalah proses membangun, memelihara dan mengunakan basis data pelanggan dan basis data lain 9 produk, pemasok ) dengan tujuan melakukan kontak dan transaksi dengan pelanggan.
Perusahaan-perusahaan mengunakan Basis data dalam 4 cara :
Bentuk-bentuk Pemasaran Langsung
PEMASARAN ONLINE
Ada2 (dua ) jenis saluran pemasaran online :
Pertumbuhan Pemasaran online
Perdagangan elektronik ( E-Commerce ) . adalah istilah umum untuk proses pembelian dan penjualan yang di dukung oleh sarana elektronik.
Konsumen Online
Konsumen online adalah penguna internet. Cara melakukan pemasaran online dengan :
Peluang dan Tantangan Pemasaran Online
Peluang Pemasaran online adalah menjadi model bisnis yang penuh dan lengkap dengan beberapa perusahaan.
Tantangan pemasaran online :
Merupakan kampanye pemasaran langsung yang mengunakan sarana dan tahap ganda untuk memperbaiki tingkat tanggapan dan laba.
Kebijakan Publik dan Isu Etis dalam Pamasaran Langsung
Gangguan, ketidakjujuran, penipuan dan kecurangan.
Penyerangan Privasi
DEFINISI :
“Suatu sistem berbasis komputer yang bekerja sama dengan sistem informasi fungsional lain untuk mendukung manajemen perusahaan dalam menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan pemasaran produk perusahaan”.
SISTEM INFORMASI FUNGSIONAL MENCERMINKAN SISTEM FISIK PERUSAHAAN
PRINSIP-PRINSIP PEMASARAN
Definisi menyatakan bahwa Pemasaran terdiri dari kegiatan perorangan dan organisasi yang memudahkan dan mempercepat hubungan pertukaran yang memuaskan dalam lingkungan yang dinamis melalui penciptaan, pendistribusian, promosi, penentuan harga barang, jasa dan gagasan.
BAURAN PEMASARAN
Tujuan : mengembangkan strategi yang menerapkan sumber daya bagi pemasaran barang, jasa dan gagasan.
Unsur-unsur Strategi Pemasaran :
ARUS INFORMASI KOTLER
Keterangan:
MODEL SISTEM INFORMASI PEMASARAN
SUBSISTEM INPUT PEMASARAN
Digunakan untuk aplikasi pengolahan data. Data digunakan untuk menyediakan informasi dalam bentuk Laporan Khusus dan Laporan Periodik atau Model Matematika.
Tugas-tugas dasar Intelijen :
1. Subsistem Produk
PEMASARAN LANGSUNG
Apa itu Pemasaran Langsung ?
- Merupakan komunikasi langsung dengan pelanggan individu yang dibidik secara seksama baik untuk memperoleh tanggapan segera maupun membina hubungan pelanggan yang berlangsung lama.
- Model bisnis yang langsung ke pelanggan ( direct-to-customers bussines model ).
- Harga wajar untuk kenerja tinggi.
- Layanan dan dukungan.
- Nilai yang unggul bagi pemegang saham.
Apa manfaat-manfaat Pemasaran Langsung ?
Manfaat bagi pembeli :
- Akses dan pilihan produk yang lebih besar.
- Interaktif dan segera.
- Memberi akses ke banyak informasi.
Manfaat bagi penjual :
- Merupakan alat yang ampuh untuk pembentukan hubungan dengan konsumen.
- Dapat ditentukan waktunya agar menjangkau calon pelanggan pada saat yang paling tepat.
- Menekan biaya dan meningkatkan kecepatan dan efisiensi.
- Medium Global.
Merupakan kumpulan yang terorganisasi atas data yang menyeluruh tentang pelanggan / calon pelanggan individu, yang meliputi data geografis, demografis psikografis dan perilaku.
Pemasaran berdasarkan Basis Data ( database marketing )
Adalah proses membangun, memelihara dan mengunakan basis data pelanggan dan basis data lain 9 produk, pemasok ) dengan tujuan melakukan kontak dan transaksi dengan pelanggan.
Perusahaan-perusahaan mengunakan Basis data dalam 4 cara :
- Mengidentifikasikan calon pelanggan.
- Memutuskan pelanggan mana yang akan menerima tawaran khusus.
- Memperdalam kesetiaan pelanggan.
- Mengaktifkan kembali pembelian pelanggan.
Bentuk-bentuk Pemasaran Langsung
- Pemasaran tatap muka.
- Pemasaran jarak jauh.
- Pemasaran melalui surat langsung ( faks, e-mail, voice mail )
- Pemasaran melalui katalog ( mrpkan Pemasaran Langsung melalui katalog cetak, video, elektronik yang dikirim kepada pelangan pilihan; disediakan di took / dipresentasikan secara online.
- Pemasaran melalui Televisi yang menghasilkan tanggapan langsung ( direct response television marketing ).
- Pemasangan iklan tanggapan langsung ( direct response advertising )
- Saluran belanja dari rumah ( home shopping channel ).
image source: oracle.com |
baca juga: Pengertian Batasan Bisnis, Risiko, dan Pengendalian Bisnis
Ada2 (dua ) jenis saluran pemasaran online :
- Layanan Online Komersial, Internet layanan yang menawarkan informasi dan layanan pemasaran online kepada pelanggan yang membayar biaya bulanan, seperti America online, Compuserve dan Prodigy.
- Internet, Web global jaringan komputer yang luas dan berkembang pesat yang tidak mempunyai manajemen dan kepemilikan sentral.
Perdagangan elektronik ( E-Commerce ) . adalah istilah umum untuk proses pembelian dan penjualan yang di dukung oleh sarana elektronik.
Konsumen Online
Konsumen online adalah penguna internet. Cara melakukan pemasaran online dengan :
- Menciptakan kehadiran online elektronik
Cara ini bisa dilakukan dengan dua cara yaitu ( 1 ) Membeli ruang dilayanan online komersial. ( 2 ) Membentuk situs internet sendiri misalnya dengan Situs Internet Perusahaan ( corporate Web Site ), Situs Internet Pemasaran ( marketing Web Site ).
- Menempatkan Iklan Online, merupakan iklan yang muncul ketika para pelanggan menjelajahi layanan online / situs internet yang mempunyai papan iklan, jendela timbul tengelam, ticker, roadblock.
- Berpartisipasi dalam forum, kelompok berita dan masyarakat internet.
- Mengunakan E-mail dan Webcasting, Yang dimaksud dengan webcasting adalah pen-download-an secara otomatis informasi-informasi yang diminati yang sudah dikotumisasi ke PC si penerima yang membuat saluran yang menarik mampu mengirimkan pemasangan iklan internet / informasi lain.
Peluang dan Tantangan Pemasaran Online
Peluang Pemasaran online adalah menjadi model bisnis yang penuh dan lengkap dengan beberapa perusahaan.
Tantangan pemasaran online :
- Keterpaparan dan pembelian konsumen yang terbatas.
- Demografis dan psikografis pengusaha menjadi menyimpang.
- Kekacauan dan kesemrawutan.
- Kepedulian etis.
Merupakan kampanye pemasaran langsung yang mengunakan sarana dan tahap ganda untuk memperbaiki tingkat tanggapan dan laba.
Kebijakan Publik dan Isu Etis dalam Pamasaran Langsung
Gangguan, ketidakjujuran, penipuan dan kecurangan.
Penyerangan Privasi
DEFINISI :
“Suatu sistem berbasis komputer yang bekerja sama dengan sistem informasi fungsional lain untuk mendukung manajemen perusahaan dalam menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan pemasaran produk perusahaan”.
SISTEM INFORMASI FUNGSIONAL MENCERMINKAN SISTEM FISIK PERUSAHAAN
Definisi menyatakan bahwa Pemasaran terdiri dari kegiatan perorangan dan organisasi yang memudahkan dan mempercepat hubungan pertukaran yang memuaskan dalam lingkungan yang dinamis melalui penciptaan, pendistribusian, promosi, penentuan harga barang, jasa dan gagasan.
BAURAN PEMASARAN
Tujuan : mengembangkan strategi yang menerapkan sumber daya bagi pemasaran barang, jasa dan gagasan.
Unsur-unsur Strategi Pemasaran :
- Produk. 3. Harga.
- Promosi. 4. Tempat.
Komunikasi Pemasaran |
- Intelijen Pemasaran, informasi yang mengalir ke perusahaan dari lingkungan.
- Informasi Pemasaran Intern, informasi yang dikumpulkan didalam perusahaan.
Sumber Lingkungan = Data = Informasi |
SUBSISTEM INPUT PEMASARAN
- Sistem Informasi Akuntansi
Digunakan untuk aplikasi pengolahan data. Data digunakan untuk menyediakan informasi dalam bentuk Laporan Khusus dan Laporan Periodik atau Model Matematika.
- Subsistem Penelitian Pemasaran
- Subsistem Intelijen Pemasaran
Tugas-tugas dasar Intelijen :
- Mengumpulkan data, terdiri dari data primer dan data sekunder.
- Mengevaluasi data, baik data primer dan data sekunder diperiksa untuk memastikan keakuratannya.
- Manganalisis data, tujuannya mengubah data menjadi informasi.
- Menyimpan informasi / intelijen.
- Menyebarkan informasi / intelijen.
SUBSISTEM OUTPUT PEMASARAN
Semua software yang menginformasikan manajer mengenai produk tersebut. Tugas manajer pemasaran adalah mengembangkan strategi dan taktik untuk tiap unsur bauran pemasaran dan kemudian mengintegrasikannya menjadi suatu rencana pemasaran yang menyeluruh. Suatu kerangka kerja yang disebut siklus hidup produk mengarahkan manajer dalam membuat keputusan, mulai dari menelusuri penjualan suatu produk sampai dengan memastikan apakah produk tersebut diterima dipasaran atau tidak.
2. Subsistem Tempat
Sekian artikel tentang Model Bisnis dalam Pemasaran dan Sistem Informasi Pemasaran. Semoga bermanfaat.
Daftar Pustaka
Berbagai saluran distribusi digunakan perusahaan untuk menyalurkan produknya ke konsumen.
3. Subsistem Promosi
Memberitahukan manajer mengenai penjualan langsung dan periklanan.
Memberitahukan manajer mengenai penjualan langsung dan periklanan.
4. Subsistem Harga
Semua informasi mengenai harga produk tertentu.
Terdapat 2 pendekatan :
5. Subsistem Bauran Terintegrasi
Terdapat 2 pendekatan :
- Penentuan harga berdasarkan Biaya, menentukan biaya-biaya yang dikeluarkan dan menambahkan mark-up yang diinginkan. Jika perusahaan memiliki SIA yang baik, ketersediaan data biaya yang akurat membuat tugas subsistem harga menjadi lebih mudah untuk mendukung penentuan harga berdasarkan biaya.
- Penentuan harga berdasarkan Permintaan, yang menetapkan harga sesuai dengan nilai yang ditempatkan oleh konsumen terhadap produk. Kunci pendekatan ini adalah memperkirakan permintaan dengan tepat. Ini memerlukan pemahaman yang baik tentang konsumen serta pasar, termasuk keadaan ekonomi dan persaingan.
Memungkinkan manajer mengembangkan strategi pemasaran.
Para Pemakai Sistem Informasi Pemasaran
SUBSISTEM |
|||||
PEMAKAI | PRODUK | TEMPAT | PROMOSI | HARGA | PADUAN |
Wa.Pres.Dir. Pemasaran | X | X | X | X | X |
Ekesekutif Lain | X | X | X | X | X |
Manajer Merk | X | X | X | X | X |
Manajer Penjualan | X | X | |||
Manajer Iklan | X | X | |||
Mnj. Riset Pemasaran | X | X | X | X | X |
Mnj. Pemasaran Produk | X | ||||
Mnj. Distribusi Fisik | X | ||||
Manajer Lain | X | X | X | X | X |
Sekian artikel tentang Model Bisnis dalam Pemasaran dan Sistem Informasi Pemasaran. Semoga bermanfaat.
Daftar Pustaka
- Hollander, Anita S, Accounting, Information Technology, and Solution Bisnis, McGraw Hill
- Raymond McLeod, Management Information Systems, Prentice Hall
- Jogiyanto. HM, Pengantar Teknologi Informasi, Andi Offset, Yogyakarta
- , Sistem Informasi Akuntansi berbasis komputer, Andi Offset, Yogyakarta
- Dadan Umar Daihani, Komputerisasi pengambilan keputusan, Elex Media Komputindo, Jakarta
- Husein Umar, Business an introduction, Gramedia, Jakarta
- Philips Kotler dan Amstrong, Dasar-dasar Pemasaran, jilid 2, edisi ke-9, Bab 17.