Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Proses Perencanaan Dalam Suatu Manajemen

Proses Perencanaan Dalam Suatu Manajemen_

Proses Perencanaan Dalam Suatu Manajemen - Perencanaan tidak lain merupakan kegiatan untuk menetapkan tujuan yang akan dicapai beserta cara-cara untuk mencapai tujuan tersebut. Sebagaimana disampaikan oleh Louise E. Boone dan David L. Kurtz (1984) bahwa: planning may be defined as the proses by which manager set objective, asses the future, and develop course of action designed to accomplish these objective.


A. PENGERTIAN, MANFAAT DAN LANGKAH-LANGKAH PERENCANAAN

1. Definisi Pengertian Perencanaan :  Perencanaan tidak lain merupakan kegiatan untuk menetapkan tujuan yang akan dicapai beserta cara-cara untuk mencapai tujuan tersebut. Sebagaimana disampaikan oleh Louise E. Boone dan David L. Kurtz (1984) bahwa:planning may be defined as the proses by which manager set objective, asses the future, and develop course of action designed to accomplish these objective

2. Tujuan Perencanaan
  • Membantu manajemen untuk menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan lingkungan.
  • Dapat digunakan sebagai dasar untuk membuat rencana berikutnya.
  • Memungkinkan manajer memahami keseluruhan gambaran operasi lebih jelas.
  • Memudahkan dalam melakukan koordinasi di antara berbagai bagian organisasi.
  • Membuat tujuan lebih jelas, terperinci dan lebih mudah dipahami.
  • Menghemat sumber daya yang diperlukan dalam mencapai sasaran.
  • Mempermudah dalam mendekteksi bila terjadi pernyimpangan dalam pelaksanaannya.
  • Membantu memperkirakan peluang dimasa yang akan datang.

3. Langkah-Langkah Menyusun Perencanaan
  • Menetapkan tujuan atau serangkaian tujuan
  • Merumuskan keadaan saat ini
  • Mengidentifikasikan segala kemudahan dan hambatan
  • Mengembangkan rencana atau serangkaian kegiatan untuk pencapaian tujuan

Tahap Dasar Perencanaan :

Proses Perencanaan Dalam Suatu Manajemen 1_


B. HUBUNGAN FUNGSI PERENCANAAN DENGAN FUNGSI MANAJEMEN LAINNYA
  1. Perencanaan Vs Pengorganisasian
  2. Perencanaan Vs Pengarahan
  3. Perencanaan Vs Pengawasan


C. TIPE-TIPE PERENCANAAN

1. Dasar pengklasifikasian rencana :
  • Bidang fungsional
  • Tingkatan organisasional
  • Sifat rencana 
  • Waktu 
  • Unsur-unsur rencana

2. Tipe utama rencana (pengelompokkan rencana), yaitu :

a. Rencana Strategis (strategic plans):

Langkah-langkah proses penyusunan strategic ini :
  • Penentuan misi dan tujuan
  • Pengembangan profil perusahaan
  • Analisa lingkungan eksternal
  • Analisa internal perusahaan
  • Identifikasi kesempatan dan ancaman strategic.
  • Pembuatan keputusan strategic
  • Pengembangan strategi perusahaan
  • Implementasi strategi
  • Peninjauan kembali dan evaluasi (strategic control).

2. Rencana operasional (operational plans):

Rencana operasional dibagi menjadi 2 (dua) bagian :
  1. Rencana sekali pakai (single use plans) 
  2. Rencana tetap (standing plans) 


D. HAMBATAN-HAMBATAN PERENCANAAN EFEKTIF

1. Jenis hambatan dalam mengembangkan rencana yang efektif
  • Penolakan internal 
  • Penolakan Eksternal 

2. Hambatan Pembuatan rencana Efektif
  • Kurang pengetahuan tentang organisasi
  • Kurang pengetahuan tentang lingkungan
  • Ketidakmampuan melakukan peramalan secara efektif
  • Kesulitan perencanaan operasi-operasi yang tidak berulang
  • Biaya
  • Takut gagal
  • Kurang percaya diri
  • Ketidaksediaan untuk menyingkirkan tujuan-tujuan alternatif.

E. KRITERIA PENILAIAN EFEKTIVITAS PERENCANAAN
  • Kegunaan
  • Fleksibilitas
  • Ketepatan dan obyektivitas
  • Ruang Lingkup
  • Efektivitas biaya
  • Akuntabilitas
  • Ketepatan Waktu

Sekian Artikel Proses Perencanaan Dalam Suatu Manajemen.
Nikita Dini
Nikita Dini Blogger, Internet Marketer, Web Designer

Posting Komentar untuk "Proses Perencanaan Dalam Suatu Manajemen"