Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian dan Simbol Sequence Diagram, Boxes, Message dan Looping Logic

Pengertian dan Simbol Sequence Diagram, Boxes, Message dan Looping Logic - Sequence Diagram atau diagram urutan adalah diagram interaksi yang menunjukkan bagaimana benda beroperasi dengan satu sama lain dan dalam rangka apa. Ini adalah membangun dari grafik urutan pesan. Diagram urutan menunjukkan interaksi objek diatur dalam urutan waktu.

Sequence Diagram menggambarkan interaksi antara sejumlah object dalam urutan waktu. Kegunaannya untuk menunjukkan rangkaian pesan yang dikirim antara object juga interaksi antar object yang terjadi pada titik tertentu dalam eksekusi sistem. Dalam UML, object pada diagram sequence digambarkan dengan segi empat yang berisi nama dari object yang digaris bawahi. Pada object terdapat 3 cara untuk menamainya yaitu : nama object, nama object dan class sertanama class.

Contoh :

Pengertian dan Simbol Sequence Diagram, Boxes, Message dan Looping Logic_
Contoh Penamaan Object

Sequence diagram biasa digunakan untuk menggambarkan skenario atau rangkaian langkah-langkah yang dilakukan sebagai respons dari sebuah event untuk menghasilkan output tertentu. Diawali dari apa yang men-trigger aktivitas tersebut, proses dan perubahan apa saja yang terjadi secara internal dan output apa yang dihasilkan.

Simbol-simbol yang digunakan pada Sequence diagram, yaitu:

1. Boundary Class
Simbol Boundary Class dari Sequence Diagram
Simbol Boundary Class dari Sequence Diagram 

2. Control Class
Simbol Control Class dari Sequence Diagram
Simbol Control Class dari Sequence Diagram

3. Entity Class
Simbol Entity Class dari Sequence Diagram
Simbol Entity Class dari Sequence Diagram
4. Message
  • Message digambarkan dengan garis berpanah, yang menunjukkan arah message 

Simbol Message dari Sequence Diagram
  • Message yang dikirim untuk dirinya sendiri (boxes) digambarkan dengan bentuk : 

Simbol Message (boxes) dari Sequence Diagram

Contoh Sequence Diagram
Contoh Sequence Diagram
Contoh Sequence Entry Data Tindakan PadaSistem Rawat Jalan
Contoh Sequence Entry Data Pasien Pada Sistem Rawat Jalan
Contoh Sequence Entry Data Pasien Pada Sistem Rawat Jalan

Contoh Sequence Cetak Surat Keterangan Sakit
Contoh Sequence Cetak Surat Keterangan Sakit
Entry Penjualan
Entry Penjualan

Boxes-Sequence Diagram
  1. Sebuahkotak yang tampilpadaposisi paling atas diagram, yang mewakili object, use case, class dan actor
  2. Penamaanpada use case atau actor haruskonsistendengan use case diagram, demikianjugadengan class haruskonsistendengan class diagram
  3. Nama actor dapat sama dengan nama class, tapi mempunyai arti yang berbeda
name : class/actor name
  • name bersifat optional
  • boxes berupa object diberikantandagarisbawh
Joni :anggota
  • object yang tidakbernamadisebut anonymous objects
: Seminar
  • boxes berupa class, actor atau use case tidakperludigarisbawahi
Buku
  • contoh boxes berupa class
  • boxes berupa actor dapatjugadigambardengan stick figure
  • boxes dapatjugamenggambarkansebuahtempatpenyimpanan (database)
  • boxes dapatmenggunakan stereotypes
  • <<actor>>untukmenggambarkan actor
  • <<controller>>untukmenggambarkan controller class
  • <<UI>> untukmenggambarkan User Interfaces class
Message – Sequence Diagram
  • Awal pertama pesan di sudut kiri atas
  • Message digambarkandengangarisberpanahterbuka, yang menunjukkanarah messages
entry
  • message yang dikirim untuk dirinya sendiri (boxes) digambarkan dengan bentuk :
entry
  • messages antara boxes yang berupa actor manusia, maka message diberikan dengan label yang menggambarkan komunikasi (user interfaces)
  • message digambarkan dengan arah dari kiri ke kanan
  • Label pada message rata kearahpanahuntukmudahmemahami diagram
  • Setiap message dikirimkanke class memakai static method pada class tersebut, begitujugadengan object
  • message dapatmenggunakan stereotypes
  • <<create>> untukmenggambarkan creation
  • <<destroy>>untukmenggambarkan destructor
  • Asynchronous message
  • Sebuah message yang dikirimkandimanapengirimtidakperlumenungguhasildarisebuah message
Cetak()
  • Digambarkandengan partial arrowhead
  • biasanyadigunakanuntukmengirim asynchronous message ke hardware/software service (engine like ASP engine, dll)
  • return values
simpan
  • ditampilkandengangarisberpanahterputus, yang menggambarkanhasildaripengiriman message
  • return values digambarkandenganarahdarikanankekiri
  • bersifat optional
  • abaikan, jika anda bingung dengan return values dari sebuah messages
  • messages dan return values dapatdigabungkandengan format :methodname(parameter) message : [return values]
Cari() : found
contoh:
Looping Logic – Sequence Diagram
  • Digambarkandengansebuah frame dengan label loop dansebuahkalimat yang mengindikasikanpengulangan[ for each seminar ] dan interaction operator loop.
  • Atau menandai message dengan tanda bintang *, untuk menandakan perulangan hanya untuk sebuah messages









Interaction Operator – Sequence Diagram
  • Sebuah operator untukpengelompokkan
  • Digambarkandengansebuahkotakdengantandamasing-masing interaction operator, yaitu
    • alt, alternatives menggambarkanpilihan yang setidaknyaadasebuah proses yang dilakukan
  • opt, option menggambarkanpilihan yang bisadiprosesbisajugatidak
  • loop, menggambarkanperulangan
Regions
  • dipakai untuk menggambarkan pilihan (if) pada sequence diagram
  • dipisahkan dengan garis terputus
  • dikombinasikan dengan interaction operator alt
  • Setiap regions harus mempunyai guard/keterangan, contoh gambar sebelumnya [else] atau [applicant on eligibility in ]
  • Biasa digunakan dengan interaction operator “alt”
Object Lifelines
  • Garis terputus yang tergantung dari boxes, yang menggambarkan life span (rentang/masa hidup) object

Sekian artikel tentang Pengertian dan Simbol Sequence Diagram, Boxes, Message dan Looping Logic. Semoga bermanfaat.
Daftar Pustaka

  • Alan Denis, et all, System Analysis and Design With UML 2.0, Wiley, 2005
Nikita Dini
Nikita Dini Blogger, Internet Marketer, Web Designer

Posting Komentar untuk "Pengertian dan Simbol Sequence Diagram, Boxes, Message dan Looping Logic"