Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perkembangan dan Kebudayaan Islam Pada Abad Pertengahan

Perkembangan dan Kebudayaan Islam Pada Abad Pertengahan - Masa kekhalifahan Dinasti Abbasiyah memunculkan peradaban dan kemajuan Isalam yang diakui dunia internasional. Namun, muncuknya penyakit ql-wahn yang menghinggapi sebagaian pengusaha telah menghancurkan peradaban Islam. Kondisi ini dipengaruhi oelh serangan Kejaraan Moghol. Wilayah dinasti ini pun tercabik-cabik menjadi kejaraan-kerajaan kecil yang satu sama lain saling berperang. Usmaniyah Safawi di Persia (Iran). Di abatara kerajaan itu. Kesultanan Usmaniyah Turki adalah yang terbesar. Kesultanan ini pula yang pertama membangun peradaban Islam.

1. Berdirinya kesultanan Turki Usmani

Bangsa Turki tercatat dalam sejarah islam karena keberhasilannya mendirikan dua dinasti yang berpengaruh: Dinasti Turki dan Turki Usmani. Bangsa Turki memeluk Islam sekitar abad kesembilan dan kesepuluh. Turki termasuk wilayah jajahan bangsa Mongol Tartar. Pendiri dari Turki usmani adalah Orthogrul

Perkembangan dan Kebudayaan Islam Pada Abad Pertengahan_
image source: allahsword.com

Para sultan Daulah Turki dikenal sebagai sultan yang memiliki ghirah(semangat atau kecemburuan) keislaman yang sangat baik. Trbukti, mereka sangat memperhatikan perkembangan dakwah Islam ke setiap daerah. Cara itu dilaksanakan sambil memperluas wilayah kekuasaannya. Pada masa pemerintahan yang dipimpin Sultan Orkhan 726-761 H (1326-1359 M), Daulah Turku Usmani berhasil menaklukan Azmir, Thawasgaull, Iskandar, Ankara, dan Galipati, termasuk sebagai wilayah Eropa.

2. Kerajaan Safawi

Kerajaan Safawi didirikan oleh gerakan kelompok tarekat di wilayah Azerbaijan, tepatnya di kota Ardabil. Kelompok Tarekat ini diberi nama Safawiyah sesuai dengan nama pendidinya, Safiaddin. Ia adalah keturunan Musa as, sebagai iman Syiah yang keenam

Gerakan ini beralih dari gerakan tarekat menjadi gerakan politik yang sangat berpengaruh di Persia, Syiria, dan Anatolia. Pada akhirnya, gerakan tersebut menjadi sebuah pemerintahan yang dipimpin oleh Juned (147-160 M), yang mengatasnamakan kegiatan keagamaan beraliran Syiah. Dalam perkembangan selanjjutnya, orang yang dipandang sebagai pendiri kerajaan Safawi adalah Ismail.

3. Kerajaan safawi

Berdirinya kejaraan Mughol diawali dari terbentuknya kerajaan Mughal di Iran. Kerajaan ini dirikan cucu Jengis Khan yang bernama Hulagu Khan. Sepeninggal Hulagu Khan, kepengurusan pemerintahan dilanjutkan anaknya Abaqa Khan. Selamjutnya oleh purtanya Nikodar. Pada mulanya, Nikodar khan adalah pemeluk Krinten yang taat, tetapi kemudian ia berpindah agama menjadi Muslim. Sejak itu, berdirilah kerajaan Islam Mughal.Mughol, baik di Iran maupun di India, tidak banyak berpengaruh terhadap dunia Isalam. Keberadaan Mughol di India menghasulkan peninggalan bersejarah masa jayanya, terutama di bidang seni dan arsitektur. Di antara peninggalan besejarah itu bias disebut, misalnya Istana Fathur di Sikri yang dibangun Sultan Akbar, Taj Mahal di Arga yang dibangun Syeh Jehan, Masjid Raya New Delhi, dan Istana yang di Lahore. Setelah beberapa tahun kemudia, pengaruh Islam di India menumbuhkan dua Negara Isalm saat ini yaitu Pakistan dan Bangladess.

Kebudayaan Isalam pada Abad Pertengahan

Kedatangan Islam di kawasan Andalusia hamper 8 abad lamanya, yaitu sejak tahun 711 M hingga berakhirnya kekuasaan Isalam d Gradaha pada tanggal 2 Januari 1492 M/2 Rabiul awwal 898 H. Andalusia di amsa kejayaannya banyak melahirkan cendikiawan muslim yang tertulis dengan tinta emas di sepanjang masa. Karya mereka banyak yang telah diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa penjuru dunia. Kontribusi para sarjana muslim ini telah banyak memberikan sumbangan bagi perkembangan sain dan teknologi dunia, karena berawal dari pengetahuan sarjana muslim inilah, dunia Eropa mengalami masa pencerahan (Renaissance).

Masa Renaissance Eropa, sebenarnya telah dimulai sejak datangnya para pelajar Eropa untuk menuntut ilmu di Andalusia. Bahkan beberapa orang sarjana eropa juga kembali menerjemahkan karya-karya berbahasa Arab ke bahasa Latin.

Sarjana muslim yang berasal dari Andalusia dalam bidang filsafat salah satunya adalah
  • Ibnu Thufail lahir di Asya (Granada) Andalusia, beliau adalah seorang filosof, ia juga menguasai disiplin ilmu lainnya, seperti ilmu hokum, pendidikan, dan kedokteran. Ibnu Thufail di kenal dengan nama ABUBACER.
  • Ibnu Rusyd lahir di Cordova, beliuau seoarng adalah filosof, beliau juga ahli dalam bidang hokum, aritmatika, dan kedokteran. Salah satu guru beliau adalah Ibnu Thufail. Ibnu Rusyd di kenal AVERROES.
  • Ibnu bajjah lahir di Saragosa. Beliau adalah pakar dalam bidang matematika, fisika, astronomi, kedokteran, dan filsafat. 
  • Al-Idrisi lahir di Ceura, beliau merupakan ahli Geofrafi yang menulis kitab ar-Rujani(kitab Roger), salah satu referensi yang membahas tenatang peta dunia dan juga menerangkan pembagian-pembagian zona iklim di dunia.
  • Ibnu Zuhr lahir Seville, beliau ahli dalam bidang filsafat dan kedokteran, beliau di kenal dengan nama ABUMERON atau AVENZOR

Sekian artikel tentang Perkembangan dan Kebudayaan Islam Pada Abad Pertengahan. Semoga bermanfaat.
Nikita Dini
Nikita Dini Blogger, Internet Marketer, Web Designer